Sama-Sama sedang On Fire

Penulis: Satria Sakti Utama Pada: Sabtu, 07 Feb 2015, 00:00 WIB DPR
Sama-Sama sedang On Fire

AFP/Ian Kington

ARSENAL dalam kepercayaan tinggi saat menghadapi Tottenham Hotspur pada derby London utara di Stadion White Hart Lane, malam ini. Terbukti lima laga di seluruh kompetisi mereka sapu bersih. Pemain yang lama cedera juga sudah kembali merumput seperti Mesut Oezil dan Theo Walcott.

Itu sebabnya, meski 'Meriam London' harus kehilangan Alexis Sanchez, tidak menyurutkan optimisme Arsene Wenger untuk mendulang angka penuh. Striker Olivier Giroud dan gelandang Santi Cazorla yang sedang tune in pun akan lebih dioptimalkan.

Meski Wenger yakin, sejatinya rekor Arsenal tak begitu baik di kandang Hotspur. Arsenal hanya menang sekali dari enam lawatan terakhir White Hart Lane, yakni musim lalu dengan skor 1-0, berkat gol tunggal Tomas Rosicky.

Selebihnya mereka kalah tiga kali dan seri sekali. Pertemuan pertama musim ini di Emirates Stadium pun berakhir imbang 1-1. Ditambah performa Spurs yang tengah on fire dengan delapan kemenangan dari 10 laga terakhir, tak akan mudah bagi Arsenal mendapatkan tiga poin itu.

"Dalam laga derby, faktor tuan rumah tidak begitu signifikan. Kami hanya harus fokus pada kualitas permainan serta performa kami," ujar Wenger di situs resmi klub.

Arsitek asal Prancis itu juga menyinggung cedera hamstring Sanchez yang jika dipaksakan bermain, akan makin parah. Karena itu, dia tak mau ambil risiko dengan memaksa top scorer sementara Arsenal dengan 12 gol itu merumput.

"Alexis belum siap. Dalam pertandingan melawan Leicester (10/2) bisa jadi dia akan bermain," ungkap Wenger. "Tentu saja sulit baginya untuk tetap diam. Dia tengah berlatih, tapi latihan ringan."

Selain Sanchez, Arsenal juga belum akan diperkuat Jack Wilshere. Gelandang Inggris itu masih berkutat dengan cedera pergelangan kaki.

Beruntung Wenger bisa menurunkan Danny Welbeck dalam laga nanti. Pemain yang diboyong dari Manchester United tersebut sudah pulih dari cedera paha.

Tantangan
Optimisme juga sedang didengungkan kubu tuan rumah. Semenjak kalah 0-3 dari Chelsea awal Desember lalu, the Lilywhites meraih delapan kemenangan dan dua hasil imbang di 10 laga terakhir di liga.

Itu belum termasuk keberhasilan mereka lolos ke final Piala Liga Inggris, meski ada satu cela saat disingkirkan Leicester City di babak keempat Piala FA.

Christian Eriksen dan Harry Kane akan menjadi andalan dalam duel nanti.

Kedua pemain itu memang tengah mencuat dengan total 31 gol di seluruh kompetisi dari mereka musim ini (Kane 20 gol, Eriksen 11 gol). Bahkan, tujuh dari sembilan gol terakhir Spurs dihasilkan duet gelandang serang-striker itu.

Bahkan, Eriksen sering mencetak gol-gol penting yang memberi kemenangan untuk timnya, termasuk dua golnya ke gawang Sheffield United yang meloloskan mereka ke final Piala Liga Inggris.

Makanya patut ditunggu apakah keduanya bisa menjebol gawang Arsenal sekaligus membawa Spurs mengalahkan Arsenal di laga derby London utara malam ini.

"Saya sudah mempunyai pengalaman setiap hasil akhir saat melawan Arsenal dan laga-laga itu selalu ketat," kata Eriksen. (AFP/AP/R-1)
[email protected]