Menang, Peluang Atletico Juara Terjaga

Penulis: AFP/AP/Era/X-4 Pada: Minggu, 08 Feb 2015, 00:00 WIB DPR
Menang, Peluang Atletico Juara Terjaga

AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU

SEPANJANG musim ini Atletico Madrid dan Real Madrid sudah bertemu enam kali, termasuk saat Atletico menang 4-0 pada El Derby Madrileno di Stadion Vicente Calderon, Madrid, tadi malam.

Atletico kini mengoleksi empat kemenangan dan dua kali seri dari skuat Carlo Ancelotti tersebut. Kini, dengan tambahan 3 poin Atletico mengantongi 50 poin atau tertinggal 4 poin dari Madrid di puncak klasemen sementara dan kembali membuka peluang juara.

Dalam laga itu Madrid tak bisa menampilkan komposisi terbaiknya. Duet bek tengah, Pepe dan Sergio Ramos, absen karena masih mengalami cedera. Bahkan, Ramos diprediksi absen selama enam pekan. Marcelo juga gagal merumput karena akumulasi kartu kuning. 

Di lini tengah, Madrid kian ompong karena James Rodriguez mengalami cedera metatarsal. Luka Modric yang sudah absen lama juga tak bisa diturunkan. 

Dalam duel itu, di babak pertama Atletico mendapatkan kesempatan pertama pada menit ke-7. Sepakan Arda Turan dari dalam kotak penalti dapat dihentikan oleh Iker Casillas. Tiga menit berselang, Atletico harus mengganti pemain. Koke ditarik keluar karena cedera. Saul Niguez pun masuk menggantikan Koke.

Empat menit berselang, Tiago Mendes berhasil membawa Atletico unggul. Juanfran menusuk di sisi kanan dan melepaskan umpan silang yang kemudian diterima Mario Mandzukic lalu disodorkan ke Tiago Mendes.

Tiago menyambutnya dengan sepakan keras mendatar, yang sebenarnya mengarah ke Casillas. Namun nahas untuk kiper Madrid itu, dia gagal mengantisipasi dengan sempurna sehingga bola bergulir ke dalam gawang.

Empat menit berselang, gol kedua kembali tercipta. Guilherme Siquera merangsek di sisi kiri, melewati satu pemain, dan lantas mengirim umpan silang ke muka gawang. Di sana sudah berdiri Saul Niguez yang kemudian melakukan tendangan salto hingga bola bersarang di gawang Casillas.

Atletico kemudian menambah pundi gol lewat Antoine Griezman di menit ke-67 dan Mandzukic menutup pesta, 1 menit jelang laga usai.