1952: Pemilu Pertama India

Penulis: bbc/dokumentasi MI Pada: Selasa, 10 Feb 2015, 00:00 WIB DPR
1952: Pemilu Pertama India

WIKIPEDIA

PARTAI Kongres India pimpinan Pandit Jawaharlal Nehru berhasil memenangi pemilu pertama India. Partai itu memperoleh 249 kursi dari total 489. Hasil itu menjadikan partai pimpinan Nehru menjadi penguasa parlemen. Nehru kemudian menjadi PM pertama India yang dipilih secara demokratis. Ia sebelumnya menjadi pemimpin pemerintahan interim dalam masa transisi India menjadi republik.

Pada pemilu pertama itu, India menghadapi masalah iliterasi (kebutaaksaraan) pemilih. Dari jumlah 176 juta penduduk yang memiliki hak pilih, hanya 15% yang bisa membaca atau menulis. Simbol bergambar digunakan sebagai petunjuk utama kertas suara untuk menyiasatinya. Para pemilih tidak menandai kertas suara dengan pena ataupun melubanginya. Mereka cukup memasukkan kertas suara ke kotak yang telah ditandai dengan simbol kandidat pilihan.

Banyak pihak menilai pelaksanaan pemilu merupakan sebuah ujian pertama demokratisasi di India. Setelah menjadi wilayah jajahan Inggris, India memperoleh kemerdekaan. Pada 1947 India menyandang status dominion. Baru pada 1950 India memperoleh kedaulatan penuh dan memilih bentuk republik. Pemilu itu merupakan yang pertama dilaksanakan di bawah konstitusi baru. Sistem parlemen India sendiri mengikuti model Britania.