2000: NEAR Shoemaker Mengorbit

Penulis: Administrator Pada: Sabtu, 14 Feb 2015, 00:00 WIB DPR
2000: NEAR Shoemaker Mengorbit

WIKIMEDIA

NEAR Earth Asteroid Rendezvous-Shoemaker (NEAR Shoemaker) yang namanya berasal dari ilmuwan planet Eugene M.

Shoemaker ialah sebuah wahana antariksa tak berawak yang dirancang untuk mempelajari asteroid di dekat Bumi, asteroid 433 Eros dari orbit dekat selama setahun.

NEAR Shoemaker akhirnya berhasil memasuki orbit Eros pada 14 Februari 2000 dan menjadi pesawat luar angkasa pertama yang memasuki orbit sebuah asteroid.

Tujuan ilmiah utama NEAR ialah untuk mengembalikan data tentang ciri-ciri, komposisi, mineralogi, morfologi, distribusi massa internal, dan medan magnetik Eros. Tujuan sekunder ialah penelitian ciri-ciri regolith, interaksinya dengan angin surya, aktivitas terakhir yang ditandai debu atau gas, dan keadaan spin asteroid.

Data-data tersebut akan digunakan untuk memahami karakteristik asteroid secara umum, hubungan mereka dengan meteorit dan komet, serta kondisi dalam tata surya awal.

Untuk mencapai tujuan itu, NEAR Shoemaker dilengkapi spektrometer sinar-X dan sinar gama, spektograf gambar near-infrared, kamera multispektral yang dilengkapi CCD, laser range-finder, dan sebuah magnetometer. Sebuah eksperimen juga dilaksanakan dengan menggunakan sistem tracking NEAR untuk memperkirakan medan gravitasi asteroid. Massa total peralatan tersebut sekitar 56 kh, dan mereka membutuhkan daya 81 watt.