2008: Penembakan NIU

Penulis: Administrator Pada: Sabtu, 14 Feb 2015, 00:00 WIB DPR
2008: Penembakan NIU

WIKIMEDIA

PADA 14 Februari 2008, seorang bersenjata menembak sejumlah orang di Kampus Universitas Northern Illinois. Insiden itu terjadi sekitar pukul 15.05 waktu setempat.

Pria bersenjata tersebut dikabarkan memaksa masuk ke Aula Cole. Ia mulai menembakkan senjatanya.

Si pelaku dilaporkan sebagai seorang lelaki berkulit putih, bertubuh kurus, mengenakan jaket panjang, dan topeng ski berwarna hitam. Ia diidentifikasi sebagai bekas mahasiswa pascasarjana sosiologi NIU.

Ada 22 orang yang tertembak dalam peristiwa itu. Korbannya sebanyak 6 orang, 2 laki-laki dan 4 perempuan dipastikan tewas. Di antaranya termasuk si pelaku yang menembak dirinya sendiri sebelum polisi tiba.

Seorang saksi melaporkan sekurang-kurangnya 30 tembakan dilepaskan si pelaku. Banyak korban yang kena tembak di kepalanya. Sekurang-kurangnya 6 korban berada dalam keadaan kritis, 3 dirawat di rumah sakit, dan 8 orang sudah diizinkan pulang, demikian seorang juru bicara Rumah Sakit Komunitas Kishwaukee.

Dua dari korban yang terluka dipindahkan dengan helikopter ke Rumah Sakit St Anthony di Rockford. Tiga orang dibawa ke RS Good Samaritan di Downers Grove dan satu orang ke RS Rockford Memorial. Dua pasien yang dirawat meninggal karena luka-luka mereka.

Insiden itu setidaknya merupakan penembakan keempat di AS pada minggu itu.