Wajib Naikkan Standar Permainan

Penulis: Asni Harismi Pada: Sabtu, 14 Feb 2015, 00:00 WIB DPR
Wajib Naikkan Standar Permainan

AP/Andres Kudacki

SETELAH lebih dari 100 hari berada di zona nyaman di puncak La Liga, Real Madrid akhirnya benar-benar merasa tak aman. Mereka bisa tergeser oleh Barcelona jika kalah dari Deportivo La Coruna di Santiago Bernabeu, dini hari nanti.

Tuan rumah dituntut menaikkan standar permainan, salah satunya dengan memaksimalkan trio BBC (Gareth Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo). Ketiganya total telah melesakkan 10 gol dan enam assist tahun ini, tetapi CR7 tercatat mandul dalam dua laga terakhir.

Terlihat frustrasi di pertandingan melawan Cordoba, winger asal Portugal itu juga mengalami depresi saat El Real dijungkalkan Atletico 0-4. Namun, sejak 2013, ayah satu anak itu belum pernah absen mencetak gol dalam tiga partai beruntun sehingga ini menjadi peringatan tersendiri bagi Depor.

Sambil menargetkan tiga poin, pelatih Carlo Ancelotti juga direpotkan dengan keharusan merotasi pemain. Pasalnya tengah pekan ini, Los Blancos akan melanjutkan perjuangan di Liga Champions dengan lawatan ke markas Schalke 04.

Jika kalah lagi, atau bahkan hanya imbang, bukan tak mungkin mental pasukan Madrid akan anjlok. Belum lagi sempat ada kekisruhan soal sikap tak etis Ronaldo yang merayakan pesta ulang tahun seusai Madrid dipermalukan Atletico sehingga mengganggu keharmonisan tim.

Di luar hal tersebut, Pepe amat mungkin diturunkan meski memulai dari bangku cadangan setelah terlihat kembali berlatih bersama tim, kemarin. Bek asal Portugal itu sudah lebih dari sebulan ini menepi akibat cedera tulang rusuk.

Sebaliknya, Fabio Coentrao dipastikan tak bisa merumput dalam jangka panjang karena menderita sakit di paha. Rotasi terbesar justru terjadi di sektor penjaga gawang ketika Iker Casillas bakal ditukar dengan Keylor Navas.

Rumor menyebut pergantian itu adalah hukuman bagi 'Saint Iker' yang melakukan banyak blunder di Vicente Calderon pekan lalu. Akan tetapi, sang penjaga mistar menampik alasan itu dan menambahkan ia tetap siap main untuk menang kontra Deportivo. "Setelah kekalahan yang menyakitkan, kami siap menang atas Deportivo meski laga akan berjalan ketat."

Satu poin
Dilihat dari posisi dan jarak poin di klasemen, tim tamu tampaknya tak bakal memiliki peluang untuk mengulang hasil yang sama dengan Atletico. Setidaknya, pasukan Victor Fernandez itu bisa menargetkan satu angka dari Santiago Bernabeu jika tampil maksimal.

Kini, Super Depor terjerembap di posisi 11 dengan 24 poin atau terpisah 30 angka dengan El Real. Hasil itu juga sudah baik mengingat mereka baru saja terbebas dari ancaman degradasi setelah memenangi dua laga beruntun kontra Rayo Vallecano dan Eibar.

Hal-hal yang patut diwaspadai oleh Deportivo ialah pembantaian di kandang sendiri oleh Madrid di putaran pertama lalu. Kala itu, suporter tuan rumah dipaksa menyaksikan drama 10 gol, delapan di antaranya bersarang di gawang Juanfran dkk.

Gelandang Isaac Cuenca menegaskan timnya saat ini memiliki mental berbeda jika dibandingkan dengan saat itu. Ia berjanji pembantaian tersebut tidak akan terjadi lagi dini hari nanti meski timnya akan bertindak sebagai tamu di Bernabeu. "Hasil itu sangat menyakitkan, tapi tim kami sangat berbeda sekarang. Kami lebih kompak," kilahnya. (AFP/AP/R-1)

[email protected]