Belajar Kaya sejak Muda

Penulis: Prita Kusuma/M-1 Pada: Minggu, 22 Feb 2015, 00:00 WIB DPR
Belajar Kaya sejak Muda

THINKSTOCK

TIPE-TIPE investasi bisa berupa banyak hal, bisa sekadar menabung di bank, membeli obligasi, emas, dan biasanya pada level mahasiswa, bermain valuta asing dan saham.

"Jika takut risiko, jangan bermain saham. Yang paling penting, investasi harus ada tujuannya. Dana investasi 5 atau 20 tahun lagi mau dipakai buat apa? Horizon investasi seberapa panjang, profit risiko seperti apa dan harus tahu maunya apa, berani ambil risiko tinggi atau tidak, baru mencari sarana investasi yang match," jelas Lukas Setia Atmaja, Pengajar Investasi dan Ketua Departemen Keuangan Prasetya Mulia Business School, ketika ditemui MI Muda di ruang kerjanya.

Lukas memberikan bocoran tahapan investasi yang bisa kita jajal sebagai pemula:
-Tentukan tujuan investasi.
-Kenali tool alternatif investasi.
-Perhatikan likuiditas, pertimbangkan risk and return, horizon panjang pendek investasi.

Cari informasinya:
1.Bloomberg, di sana bisa update segala macam berita di bidang keuangan plus detail-detail fundamental lainnya dan tepercaya di seluruh dunia.

2.Perkaya juga dengan membaca koran dan media online.

3.Kalau untuk saham, kita bisa buka rekening saham dulu di sekuritas. "Sekarang sekuritas sangat banyak, di Bandung saja ada lebih dari 20 sekuritas. Lalu bisa sering mengobrol dengan broker atau pekerja di sekuritas itu untuk sharing ilmu dan mengobrol tentang dunia investasi," kata Lukas.

4.Sering datang ke seminar pasar modal dan update informasi lewat media sosial, salah satunya @fmcfebunpad yang kerap membuat kultweet seputar dunia pasar modal dan investasi.