Ledakan Bom Usik Ketenangan Depok

Penulis: MI Pada: Selasa, 24 Feb 2015, 00:00 WIB DPR
Ledakan Bom Usik Ketenangan Depok

ANTARA/PRASETYO UTOMO

RIBUAN pengunjung dan pedagang pusat perbelanjaan International Trade Centre (ITC) di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, dikagetkan dengan sebuah ledakan bom di toilet Lantai UG Mezzanine, kemarin pukul 17.40 WIB.

Tidak sedikit dari mereka yang berteriak histeris sambil berlari menuruni tangga ataupun lift. Tim Gegana Mako Brimob Kelapa Dua yang menerima laporan tiba sekitar pukul 19.30 WIB guna mensterilkan lokasi dari benda-benda mencurigakan.

''Setelah bom meledak, arus listrik sempat mati. Ledakan bom membuat kami panik. Aparat Polres Depok yang berjarak 200 meter dari pusat berbelanjaan ini sudah tiba lebih dahulu sebelum tim Gegana Mako Brimob,'' sebut pekerja di sebuah toko di ITC ber nama Miko.

Saksi lainnya, Soling Sulung, mengatakan dirinya menemukan benda mencurigakan pada pukul 16.00 WIB. Pekerja kebersihan di ITC itu mengaku melihat benda berbentuk kaleng minuman ringan di toilet lantai UG Mezzanine, di samping wahana permainan anak-anak.

''Saya tidak curiga karena sempat mengira benda tersebut ialah barang bawaan pengunjung mal yang tertinggal,'' ujar Soling setelah diperiksa polisi.

Seorang polisi kepada Media Indonesia mengatakan benda tersebut diletakkan dalam kardus berwana cokelat. ''Ada baterai dan rangkaian kabel, kemudian meledak dengan daya yang rendah,'' kata dia.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisa ris Besar Heru Pranoto menambahkan pihaknya bersama Polres Depok dan tim Gegana telah melakukan sterilisasi lokasi guna mencari kemungkinan adanya benda serupa.

''Bom berdaya ledak rendah tersebut tidak menyebabkan korban jiwa,'' kata Heru kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Heru menyebutkan, saat diperiksa, kardus cokelat itu ternyata berisi batu baterai, timer, kabel, botol aki, dan kaleng cat.

''Itu bukan ledakan, tapi bisa disebut letupan kecil saja. Kardusnya juga tidak rusak dan hanya lakban pengikatnya saja yang sobek. Barang bukti sudah dibawa ke Brimob Kelapa Dua Depok,'' sambung Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Rikwanto.(KG/GG/Mus/P-5)