King James Cetak Rekor

Penulis: Denny Parsulian Sinaga Pada: Kamis, 26 Feb 2015, 00:00 WIB DPR
King James Cetak Rekor

AFP/Rob Carr

LEBRON James jarang sekali membicarakan pencapaian pribadi-nya di lapangan bola basket. Namun, kemarin (Rabu, 25/2/2015) merupakan pengecualian.

Saat mengantarkan Cleveland Cavalers menang 102-93 atas Detroit Pistons, James membuat 11 assist. Tambahan itu membuatnya menjadi forward pembuat assist terbanyak dalam sejarah NBA.

King James--julukan LeBron James--menggeser Scottie Pippen yang sebelumnya menjadi forward pembuat assist terbanyak. James kini mengemas 6.142 assist atau tujuh assist lebih banyak daripada Pippen.

''Ini suatu yang penting bagi saya,'' ujar James. ''Ini sangat berarti bagi saya lebih daripada melewati Allen Iverson di daftar skor di pertandingan terakhir. Namun, tetap bagi saya yang terpenting ialah membantu rekan setim untuk sukses, bukan untuk diri sendiri.''

Saat Cavs mengalahkan New York Knicks, James menggeser Allen Iverson dari posisi 22 daftar pencetak poin terbanyak dalam sejarah NBA.

Pada pertandingan kemarin di Palace of Auburn Hills, Detroit, itu, James memakai kaus bernomor 23 untuk menghormati Michael Jordan. Akan tetapi, memecahkan rekor Pippen merupakan sesuatu spesial yang lain.

''Saat remaja, saya suka Michael. Namun, saat Anda masih kanak-kanak, Anda pasti tidak pernah berpikir bisa tumbuh dan menjadi seorang Michael Jordan,'' tambah James. ''Namun, saya merasa dia (Scottie Pippen) ialah bintang yang saya pikir bisa saya samai. Jadi, senang rasanya memecahkan rekor beliau.''

Pelatih Cavaliers David Blatt tidak tahu James mengukir rekor demikian. Namun, dia senang mengetahuinya.

''Itu pencapaian yang luar biasa terutama saat Anda sadar bahwa dia (James) sudah berusia 30 tahun,'' tambah Blatt. ''Ini (rekor) tidak hanya membuktikan dia seorang pemain hebat. Ini juga menunjukkan bahwa dia bisa membuat rekan-rekannya hebat.''

Kebanyakan assist, termasuk yang dibuat James untuk melewati Pippen di kuarter kedua, membantu Kevin Love mencetak tiga poin. Love menjadi pencetak poin terbanyak dengan 24 poin, yang semuanya lewat tembakan tiga poin.(R-2)