Tersita Tayangan India

Penulis: MI/Dzulfikri Putra Malawi Pada: Minggu, 01 Mar 2015, 00:00 WIB DPR
Tersita Tayangan India

Mi

BULAN ini, tayangan serial Mahabarata di ANTV menginjak usia satu tahun. Semenjak penayangan perdananya, ANTV mampu menaikkan share 100% dibanding dengan program yang digantikan. Bahkan perolehan share serial ini terus naik mencapai lebih dari 20% dan menjadi program unggulan. Pendekatan mitologi Mahabharata dengan pemirsa di Indonesia ternyata dirasa terbukti menjadi kunci penting suksesnya serial ini. Pengamat media, Dadang Rahmat Hidayat pun mengamini dalam konteks tersebut ada kemiripan kultur yang sudah mengendap di Indonesia mulai zaman Hindu masuk ke Indonesia. "Problemnya kalau acara itu diproduksi sendiri tidak masalah, ini tantangan bagi kreatif sinema atau lembaga penyiaran untuk membuat program yang seperti itu kalau masyarakat menyukai. Hanya nilainya tetap diperhatikan: pendidikan, sejarah, dan kemanusian harus tetap ada. Spiritnya yang diambil," saran Dadang.

Sementara itu manager programming ANTV, Indah Veniaty mengatakan respon pemirsa sangat baik, hal itu terbukti dari semua judul baru tayangan India yang dirilis semakin memperkuat perolehan pemirsa ANTV. Seakan tidak mau kehilangan momen, ketika serial Mahabharata mulai tayang, stasiun televisi tersebut mengirim tim khusus ke India untuk membuat liputan seputar pemain dan proses produksinya. Sehingga lahirlah program Dibalik Layar Mahabharata. Ternyata antusiasme pemirsa besar dan menghadirkan para pemerannya ke Indonesia, dikemas menjadi acara spesial Mahabharata Show di bulan Oktober. "Tanggapan pemirsa luar biasa, program ini mendapat ratings 7.6 dengan share 29.6% dan membawa ANTV langsung menjadi TV no.1 di hari tersebut," kata Indah.

Secara bertahap tim program juga menawarkan judul baru. Bulan Juni mereka merilis Mahadewa, kemudian The Adventure of Hatim di bulan Juli, dua minggu setelah itu Jodha Akbar mulai tayang. Lalu Ramayana di bulan September dan Navya di bulan November. Tayangan terbaru yang baru ditayangkan Selasa minggu lalu, serial Mahabharata versi lain dengan judul Kejayaan Mahabharata dibuat oleh produsen yang sama dengan produsen Jodha Akbar mendapat share 18.6%. Sebelumya Jodha Akbar menjadi program No 1 dari top 100 program seluruh televisi nasional dengan share 25%.

Berinteraksi langsung

Kehadiran bintang-bintang India di Indonesia merupakan apresiasi televisi terhadap antusiasme pemirsanya. Indah mengatakan dengan kehadiran mereka di Indonesia, masyarakat bisa berinteraksi langsung dengan pendukung serial-serial tersebut. "Untuk biaya, tentu semua sudah diperhitungkan dengan baik agar program ini dapat berjalan dengan baik, berkelanjutan, dan selalu menarik. Di sisi lain, hal ini secara tidak langsung menarik minat para sponsor untuk memanfaatkannya sebagai momen yang baik mempromosikan produknya," ungkap Indah. Terkait perbedaan bahasa, Indah mengatakan terbantu dengan bahasa Inggris. "Menariknya, kini bintang-bintang India tersebut mulai belajar bahasa Indonesia dan budaya Indonesia agar dapat berkomunikasi dengan baik selama di Indonesia. Mereka juga rajin berkomunikasi dengan fans di Indonesia, melalui media sosial seperti Twitter dan Instagram,"