Titi DJ Perdana Jadi Produser

Penulis: MI/DZULFIKRI PUTRA MALAWI Pada: Rabu, 04 Mar 2015, 00:00 WIB DPR
Titi DJ Perdana Jadi Produser

MI/ATET DWI PRAMADIA

JARANG muncul di media massa bukan berarti kehilangan taji untuk terus berkarya. Sebaliknya, eksistensi tengah dipersiapkan secara matang untuk sebuah karya.

Penyanyi Titi DJ, 48, salah satunya. Ia kini tidak hanya mempersiapkan album sendiri. Ia juga sedang memproduksi penyanyi trio bernama Dara Jana. Mereka terdiri atas Sondang, Laras, dan Eno. Itu proyek perdana Titi menjadi seorang produser.

"Mereka bertiga bukan penyanyi kemarin sore. Sondang dan Laras bahkan kerap menjadi wedding singer dan aktif bernyanyi di berbagai kesempatan," kata diva pop bernama lengkap Titi Dwijayati itu kepada Media Indonesia saat ditemui di Jakarta, Minggu (1/3).

Titi mengaku proses produksi trio tersebut memang memakan waktu yang cukup lama. "Sekitar empat tahun lalu," kata perempuan kelahiran Jakarta, 27 Mei 1966 tersebut.

Tadinya, dia berencana membuat girl band dengan beranggotakan lima penyanyi. Namun, ide tersebut harus diakhiri lantaran dua personel mengundurkan diri.

"Mengubah format dari lima orang yang sudah rekaman sebelumnya berakibat pada kekosongan elemen vokal. Akhirnya semuanya mulai dari awal lagi dan jadilah kini tiga orang," kisah Titi.

Dalam proses selanjutnya, Titi berupaya keras menampilkan Dara Jana sebagai trio yang mumpuni.  Untuk itu, dia melakukan sendiri tahap pascaproduksinya dengan memanfaatkan teknologi rekaman yang kian mudah. Ia mengedit sendiri vokal Dara Jana.

Menurut perempuan yang mengagumi penyanyi Raisa itu, sangat mudah untuk membuat album zaman sekarang. Namun, ia menekankan tantangannya justru bagaimana agar bisa didengar masyarakat secara luas.

Saat ini industri musik susah bernapas karena kasus pembajakan yang tidak kunjung usai, ditambah lagi permasalahan unduh gratis secara ilegal.

"Sekarang label tidak jorjoran seperti dulu promosinya. Kita harus usaha sendiri untuk memublikasikan ke televisi dan radio," ungkap Titi DJ.

Tampil di Java Jazz
Titi DJ ialah musikus dengan kuantitas tertinggi sebagai juri Indonesian Idol. Enam season Indonesian Idol ia jalani, yaitu pada 2004, 2005, 2006, 2007, 2008, dan terakhir 2014.

Titi DJ bersama Krisdayanti dan Ruth Sahanaya membentuk Tiga Diva pada awal 2006. Namun, Tiga Diva berpisah pada awal 2008.

Menurut rencana, Titi akan merilis 10 lagu ciptaannya dan dua lagu baru pada satu album beberapa bulan mendatang. Salah satunya hit yang pernah dibawakan bersama Agnes Monica di album Senyuman (2003), Hanya Cinta yang Bisa.

Selain itu, terdengar kabar Titi DJ akan kembali reuni dengan dua personel Tiga Diva, Krisdayanti dan Ruth Sahanaya, untuk pentas pada perhelatan akbar Java Jazz akhir pekan ini.  Itu terlihat ketika fotografer langganan para selebritas, Rio Wibowo, mengunggah foto terbaru mereka di Instagram dengan balutan gaun berwarna hitam. Soal itu, Titi DJ hanya berujar singkat, "Buat saya, eksistensi adalah bikin album dan berkarya, bukan kemunculan di televisi." (H-2)