Sarah Brightman Siapkan Konser di Antariksa

Penulis: Tri Marliani Pada: Kamis, 12 Mar 2015, 00:00 WIB DPR
Sarah Brightman Siapkan Konser di Antariksa

AP/MIKHAIL METZEL

PENYANYI soprano asal Inggris, Sarah Brightman, tampaknya merasa bosan menunjukkan suara emasnya di Planet Bumi. Saat ini, ia sedang mempersiapkan konser yang akan berlangsung di Stasiun Antariksa Internasional.

''Saya tak bisa menjelaskan sepenuhnya mengapa ini menjadi sesuatu yang sangat kuat bagi saya,'' ungkapnya dalam konferensi pers perjalanannya, Selasa (10/3), seperti yang dilansir kantor berita Reuters.

Pendaratan pertama ke bulan yang disiarkan di televisi pada 1969 membuat perempuan itu terinspirasi untuk melakukan perjalanan ke antariksa. ''Sejak melihat itu di televisi, saya mulai memupuk ambisi saya untuk menuju ke sana,'' terangnya.

Perempuan yang mendulang sukses lewat lagu I Lost My Heart to a Starship Trooper dan perannya dalam Phantom of the Opera itu dikabarkan rela merogoh kocek US$53 juta (Rp700 miliar).

Brightman akan menjadi turis antariksa kedelapan dan penyanyi profesional pertama yang melakukan perjalanan ke antariksa.

Dengan roket antariksa Soyuz dan didampingi dua anggota tim, Brightman akan meluncur pada 1 September mendatang dari Baikonur di Kazakhstan. Brightman akan menghabiskan 10 hari mengorbit Planet Bumi.

Menurut rencana, penyanyi kelahiran 14 Agustus 1960 itu akan membawakan sebuah lagu dari stasiun antariksa dengan iringan sebuah orkestra di Planet Bumi. Kini, ia sedang mengerjakan lagu bersama mantan suaminya, Andrew Lloyd Webber, untuk ia nyanyikan di sana.

''Saya ingin menemukan sesuatu yang indah dan sederhana dalam pesannya (lagu), dan tidak terlalu rumit untuk dinyanyikan. Karena itu, saya tidak ingin menjanjikan terlalu banyak,'' tuturnya.

Selama 10 hari ke depan, Brightman akan memulai serangkaian persiapan sebelum berangkat ke angkasa luar. Persiapan tersebut akan dilakukan di pusat pelatihan kosmonaut Rusia, Star City.

Solo karier
Brightman akan menjadi musikus profesional pertama yang merekam lagu di antariksa, walaupun astronaut Kanada Chris Hadfield pernah merekam lagu-lagu selama bertugas di antariksa, termasuk lagu David Bowie bertajuk Space Oddity. Lagu Space Oddity telah ditonton 25 juta orang di Youtube.

Brightman mulai tenar pada 1978 sebagai anggota rombongan penari Hot Gossip dengan hit I Lost My Heart to a Starship Trooper. Pada 1980, ia tampil dalam drama musikal popular berjudul Cats. Kariernya terdongkrak ketika ia menjadi pemeran utama dalam Phantom of the Opera yang menjadi pemecah rekor box office pada masa itu.

Setelah Brightman bercerai dengan Lloyd Webber, ia memutuskan untuk bersolo karier. Sepanjang kariernya, Brightman telah berhasil menjual 30 juta keping CD dan DVD. Hal tersebut menjadikan dia sebagai penyanyi soprano berpenghasilan terbesar di dunia. (/H-1)