Status dan Umur Hyena

Penulis: Administrator Pada: Minggu, 15 Mar 2015, 00:00 WIB DPR
Status dan Umur Hyena

MI/Caksono

STATUS sosial bisa membantu memprediksi umur mamalia. Menurut studi yang melibatkan hyena liar, faktor-faktor sosial dan ekologi secara signifikan memengaruhi kesehatan hewan.

Peneliti dari Michigan State University mengatakan anggota senior klan hyena akan hidup lebih lama dan memiliki kesehatan yang lebih baik. Hierarki dalam hyena memberikan kesempatan mendapatkan makanan lebih dulu. Itu memengaruhi siklus hidup binatang buas tersebut.

Dengan meneliti DNA binatang pemakan daging itu, peneliti menemukan hyena berpangkat tinggi memiliki telomer lebih panjang. Telomer ialah bagian pelindung di ujung DNA yang berfungsi melindungi kromosom. Telomer yang lebih panjang membuat stres dan penuaan melambat.

''Karya ini menunjukkan untuk pertama kalinya efek dari peringkat sosial terkait dengan panjang telomer pada mamalia liar,'' kata peneliti utama Nora Lewin. Penelitian itu meningkatkan pemahaman tentang bagaimana variabel sosial dan ekologi berkontribusi dalam penurunan yang berkaitan dengan kesehatan dan usia hyena serta organisme secara umum. PenemuaSTATUS sosial bisa membantu memprediksi umur mamalian itu dipublikasikan di jurnal Biology Letters.