Mario Ginanjar Mengangkat Lagu Sunda

Penulis: MI Pada: Senin, 16 Mar 2015, 00:00 WIB DPR
Mario Ginanjar Mengangkat Lagu Sunda

MI/USMAN ISKANDAR

VOKALIS grup musik Kahitna, Mario Ginanjar, 33, tampil bersama Nikki Thierry di Galeri Indonesia Kaya, Sabtu (14/3). Mereka berdua mengangkat kebudayaan suku Sunda dari segi seni melalui pertunjukan Fun Sunda.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian mengatakan mereka diharapkan menjadi penggerak anak muda lainnya untuk mengenal dan melestarikan seni Sunda yang sudah mulai ditinggalkan.

Maraknya budaya asing yang masuk ke negeri memengaruhi anak muda saat ini untuk mendengarkan lagu-lagu asing sehingga banyak dari mereka yang bahkan tidak mengetahui sama sekali lagu-lagu daerah sendiri.

''Kami sengaja mengangkat lagu dari daerah Sunda karena banyak dari generasi muda saat ini yang hanya tahu lagunya, tapi tidak dengan asal daerah dari lagu tersebut. Bahkan, mereka menganggap suku Sunda bukan merupakan salah satu bagian dari Pulau Jawa. Untuk itu, saya mengajak Nikki Thierry untuk mendekatkan dan terus melestarikan kesenian Indonesia dengan mengangkat lagu daerah Sunda yang sudah jarang dinikmati masyarakat,'' ujar Mario Ginanjar yang membawakan 12 lagu, seperti Tanah Air, Euis, Hariring, Bulan, dan Cing Cangkeling.(RO/H-5)