PKPU Beri Pendampingan Balita Gizi Buruk

Penulis: MI/Bay Pada: Rabu, 18 Mar 2015, 00:00 WIB DPR
PKPU Beri Pendampingan Balita  Gizi Buruk

MI/bay

Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU melalui program Pusat Pemulihan Gizi (PPG) melakukan pendampingan rawat jalan kepada balita gizi buruk di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang,Banten. Melalui rilis PKPU  kepada pers,kemarin,menyebutkan Ahmad Abdullah yang akrab dipanggil Ahmad  berusia 51 bulan merupakan salah satu balita yang diintervensi untuk program perbaikan gizi.  Ahmad  didiagnosa menderita penyakit cerebral palsy yang berdampak ia  belum dapat  duduk dan berjalan hingga saat ini. Dengan kondisi hanya bisa terbaring, tangan dan kaki kaku, sulit digerakkan.

Menurut  Sutinah, Ibu dari Ahmad, pada awal lahir kondisi anaknya dalam kondisi baik-baik saja. Hingga ketika usia 3 bulan, badan Ahmad panas tinggi dan tiba-tiba saja tubuhnya menjadi kaku. Saat itu, karena kurangnya pengetahuan dari orang tua mengenai kondisi sang anak sehingga tidak segera membawa anaknya ke rumah sakit, maklum kedua orang tua Ahmad hanya lulusan SD. Sutinah hanya bisa pasrah dengan kondisi anaknya. Dia  mengaku bingung tidak dapat berbuat yang terbaik untuk kesehatan anaknya,  sedangkan suaminya hanya bekerja sebagai buruh pabrik dengan penghasilan Rp.300.000 per minggunya.

Saat awal ditemukan  tim PKPU berat Ahmad hanya 8.5 kg pada Januari 2015 ketika digelar operasi timbang pada balita. Kehadiran PKPU memberi harapan baru bagi keluarga Sutinah dan Sadeli-kedua orang tua Ahmad - untuk menyembuhkan anaknya. Awal  Maret 2015 PKPU membawa Ahmad ke dokter spesialis anak, Berdasarkan hasil cek darah, rontgent thorax dan mantoux test, Ahmad dinyatakan positif (TB) paru-paru dan harus menjalani pengobatan rutin selama 6 bulan.  Ahmad juga disarankan menjalani fisioterapi untuk merangsang perkembangan motoriknya, agar bisa duduk dan berjalan.

Ia pun  mendapatkan makanan tambahan berupa susu serta vitamin. Kini, berat badan Ahmad mulai naik, sejak dilakukan intervensi perbaikan gizi oleh PKPU berat badan Ahmad meningkat menjadi 9,5 Kg atau naik 1 kg sebelum dilakukan intervensi, obat TB mulai diminum dan fisioterapi pun mulai dilaksanakan. Tim PKPU pun berharap kondisi Ahmad bisa segera pulih seperti kondisi anak-anak seusianya. Program PPG  merupakan kegiatan rehabilitasi balita gizi buruk di Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang. Kegiatan yg dilaksanakan antara lain penjaringan balita gizi buruk melalui operasi timbang, pendampingan rawat jalan balita dan pemantauan balita gizi buruk. Diharapkan kegiatan ini dapat mengurangi kejadian gizi buruk di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang ,Provinsi  Banten.