Sharapova Lewati Hadangan Azarenka

Penulis: MI/ Widhoroso Pada: Rabu, 18 Mar 2015, 00:00 WIB DPR
Sharapova Lewati Hadangan Azarenka

AFP PHOTO/ FREDERIC J. BROWN

UNGGULAN kedua tunggal putri Maria Sharapova harus berjuang keras untuk lolos ke babak 16 besar turnamen WTA Indian Wells. Di putaran ketiga kemarin, petenis Rusia tersebut membutuhkan enam match point sebelum memastikan kemenangan 6-4, 6-3 atas petenis Belarus Victoria Azarenka. Itu merupakan kemenangan ketujuh Sharapova atas Azarenka dalam 14 kali pertemuan kedua petenis. "Ia (Azarenka) bertarung hingga akhir. Pertarungan kami kerap berlangsung sengit. Senang bisa kembali melihatnya bermain setelah tahun lalu ia lama mengalami cedera," ungkap Sharapova. Dalam menghadapi Azarenka, Sharapova memang tidak tampil dalam performa terbaiknya.

Setelah menang 6-4 di set pertama, Sharapova mengalami kesulitan mengakhiri laga di set kedua. Walau tertinggal, Azarenka yang pernah dua kali menjadi kampiun Australia Terbuka tidak mau menyerah begitu saja. Dengan gigih, Azarenka terus memberikan perlawanan sebelum akhirnya menyerah 3-6. "Ini sangat mengecewakan. Saya banyak menciptakan peluang. Namun, Anda tidak boleh melakukan kesalahan saat menghadapi pemain seperti Maria," ujar Azarenka. Di laga lain, nasib sial dialami Caroline Wozniacki. Mantan petenis nomor satu dunia asal Denmark itu harus angka koper lebih awal.

Saat menghadapi Belinda Bencic, Wozniacki yang merupakan unggulan keempat menyerah dua set langsung 4-6, 4-6. Bencic selanjutnya akan menghadapi mantan petenis nomor satu dunia lainnya, Jelena Jankovic. Itu merupakan kekalahan pertama Wozniacki dari Bencic. Saat pertama kali bertemu dengan petenis Swiss itu di Turki Open, Wozniacki menang mudah 6-0, 6-0. "Saya bermain buruk kali ini. Lawan memang tampil bagus dan mampu mengambil keuntungan dari permainan buruk saya," jelas Wozniacki. Di partai lain, petenis muda Kanada Eugenie Bouchard melenggang mulus ke babak 16 besar. Ketika menghadapi petenis tuan rumah Coco Vandeweghe, Bouchard menang 6-3, 6-2 dan akan menghadapi petenis babak kualifikasi asal Ukraina Lesia Tsurenko.

Djokovic lolos
Di bagian putra, juara bertahan ATP Indian Wells, Novak Djokovic, juga belum menemui hambatan berarti. Saat menghadapi petenis Spanyol Albert Ramos-Vinolas, Djokovic menang dua set langsung 7-5, 6-3. Selanjutnya, petenis tunggal putra peringkat satu dunia itu akan menghadapi petenis Amerika Serikat John Isner. Dalam tujuh pertemuan sebelumnya dengan Isner, Djokovic meraih lima kali kemenangan. Namun, dalam semifinal Indian Wells 2012, Isner mampu menundukkan Djokovic. Tiket ke babak 16 besar juga didapat petenis Inggris Andy Murray dan peringkat lima dunia asal Jepang Kei Nishikori. Murray lolos ke babak selanjutnya setelah menyingkirkan petenis Jerman Philipp Kohlschreiber melalui pertarungan selama tiga set dengan skor 6-1, 3-6, 6-1. Seperti Murray, Nishikori juga harus bermain tiga set sebelum menyingkirkan petenis Spanyol Fernandio Verdasco sebelum menang 6-7, 6-1, 6-4. Selanjutnya, Nishikori akan menghadapi petenis Spanyol lainnya, Feliciano Lopez.