Daerah Terus Lawan Ical

Penulis: Adhi M Daryono Pada: Kamis, 19 Mar 2015, 00:00 WIB DPR
Daerah Terus Lawan Ical

ANTARA/Ampelsa

SIKAP Aburizal Bakrie alias Ical yang tidak bersedia islah dengan Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono mendapat perlawanan dari berbagai daerah. Salah satunya ialah Aceh di ujung barat Indonesia.

Ketua DPD Aceh Sulaiman Abda menegaskan pihaknya hanya tunduk kepada kepemimpinan Agung hasil munas Jakarta.

"Setelah ada pernyataan Menkum dan HAM yang mengakui Ketua Umum DPP Partai Golkar Agung Laksono, kami langsung menggelar rapat pengurus harian. Kami sepakat mendukung Agung Laksono," kata Sulaiman di Kantor DPD I Golkar Aceh di Banda Aceh, kemarin.

Ia menambahkan penunjukan Wakil Ketua DPD I Golkar Yusuf Ishak sebagai pelaksana tugas pada 14 Maret lalu ialah tidak sah.

"Pemecatan diri saya oleh Ical ilegal. Saya masih di kantor ini menjalankan tugas-tugas partai," cetusnya.

Dari Bangka Belitung, Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPD I Partai Golkar Bangka Belitung Dharma Sutomo menyatakan tidak lagi mendukung kepemimpinan Ical.

"Sudah tidak ada alasan lagi bagi kader Golkar yang sebelumnya mendukung munas Bali untuk tidak merapat ke kubu munas Ancol," cetus Dharma.

89 orang merapat
Ketua Pelaksana Tugas DPD Golkar Kota Denpasar kubu Agung Laksono, IGA Mas Seri Lestari, mengajak semua pihak berkonsentrasi menghadapi pemilihan wali kota.

"Kita tidak boleh terlalu larut dalam pusaran konflik internal partai," kata Seri di Denpasar, kemarin.

Adapun Agung Laksono terus melakukan safari ke berbagai partai politik. Ia dan sejumlah pengurus mendatangi PKB, kemudian langsung menuju Kantor DPN PKPI pimpinan Sutiyoso, dan dijadwalkan menyambangi kediaman anggota senior Golkar Suhardiman.

Agung mengungkapkan, ada 89 pendukung Ical yang telah berputar haluan.

Dalam pertemuan di PKB, Agung memperkenalkan ketua baru Fraksi Golkar di DPR, Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Namun, kami belum menyiapkan nama-nama pengganti di alat kelengkapan dewan termasuk mengganti Ketua DPR Setya Novanto," tukasnya.

Ia menambahkan siap meladeni Ical yang menggugat ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara. "Oh, tidak khawatir," pungkas Agung.

Ketua DPP Golkar Agun Gunandjar menyatakan DPR harus menerima perombakan jika tidak ingin diadukan ke Mahkamah Kehormatan Dewan.

Sekjen PKB Abdul Kadir Kar-ding menyatakan siap mendukung Golkar yang bergabung ke Koalisi Indonesia Hebat.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menepis isu terkait Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang menyebut akan ada peraturan presiden soal pengesahan kepengurusan Golkar versi Agung Laksono. "Tidak ada itu," kata JK di Jakarta.

Hal itu juga ditegaskan Yasonna. "Perpres ini hebohnya setengah mati. Saya ingin koreksi bahwa perpres itu soal bebas visa 45 negara bukan mengenai Golkar," imbuhnya.

(HP/RF/OL/Nov/Kim/P-5)