Dennis, si Dachshund, Sukses Susut 20 Kilogram

Penulis: Administrator Pada: Kamis, 19 Mar 2015, 00:00 WIB DPR
Dennis, si Dachshund, Sukses Susut 20 Kilogram

AP/The Columbus Dispatch, Eric Albrecht/Brooke Burton

hAMPIR dua tahun yang lalu, bobot Dennis mencapai 25 kg. Untuk anjing jenis dachshund miniatur seperti dia, berat itu sungguh berlebihan.

Bandingkan saja, berat badan ideal untuk seekor dachshund miniatur seperti Dennis, yakni jenis anjing asal Jerman berbadan panjang dan berkaki pendek, berkisar 5 kg saja.

Bahkan, untuk jenis dachshund standar yang umumnya lebih besar ketimbang jenis miniatur dengan berat ideal 7-14 kilogram, Dennis masih jauh lebih gemuk daripada itu.

Dennis sendiri mungkin tidak pernah terpikir untuk mengubah pola makannya. Namun, pemiliknya, Brooke Burton, 26, warga Columbus, Ohio, Amerika Serikat, berkeras Dennis harus berdiet.

Burton yang mahasiswi keperawatan itu ingat betul saat pertama kali melihat Dennis pada Juni 2013.

"Waktu pertama kali melihat dia, sungguh saya tidak percaya. Saya bahkan tidak yakin dia itu sebenarnya jenis anjing apa karena tubuhnya begitu besar!" kata Burton.

Kala itu, Dennis dipelihara seorang kerabat Burton. Si dachshund jantan itu hanya diberi makanan burger, piza, dan makanan-makanan manusia lain. Burton pun mendapat kesan Dennis tidak benar-benar diurus.

Dia lantas memaksa si kerabat untuk menyerahkan Dennis supaya dapat dia rawat. Sejak dipelihara Burton, Dennis hanya diberi makanan kering khusus anjing. Burton juga sering membawa Dennis berjalan-jalan dan kerap membuainya.

"Awalnya dia terlihat sungguh tertekan sampai-sampai tidak punya kepribadian. Namun, kini, kepribadiannya mulai muncul. Dia itu anjing yang bossy," kisah Burton sembari tertawa.

Begitu bobot Dennis mulai menyusut, kulitnya melonggar sampai-sampai membuat dia kerap terantuk saat berjalan.

Gara-gara kulit bergelantungan itu pula Dennis sering didera infeksi. Burton lalu membawanya ke Pusat Medis Kedokteran Hewan Universitas Ohio State untuk dioperasi. Dennis dioperasi untuk diambil kulitnya sampai tiga kali.

Sekarang, tubuh dachshund berusia 6 tahun itu telah susut ke bobot ideal, yakni 5 kg. Dia senang berlarian mengejar tupai di halaman dan bermain lempar-tangkap.

Kisah Dennis itu, menurut dokter hewan yang mengoperasi Dennis, Kathleen Ham, ialah pelajaran bagi para pemelihara anjing yang memberi makan terlalu banyak kepada anjing mereka.

"Ingatlah, makanan itu bukan kasih sayang, sedangkan yang dibutuhkan anjing Anda ialah kasih sayang dan perhatian," ucap Ham. (AP/Rescueeverydog/Wendy Mehari Utami/I-2)