Pengacara 'Dokter Bin Laden' Tewas Dibunuh

Penulis: Administrator Pada: Kamis, 19 Mar 2015, 00:00 WIB DPR
Pengacara

AFP/A Majeed

OTORITAS keamanan mengatakan seorang mantan pengacara dari seorang dokter Pakistan yang membantu Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA) dalam perburuan pimpinan Al-Qaeda Osama bin Laden ditembak mati di barat laut Pakistan, Selasa (17/3).

Dua kelompok militan mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap Samiullah Afridi, yang terus menghadapi ancaman atas keputusannya untuk mendampingi dokter Shakeel Afridi, yang kejadiannya berlangsung di pinggiran Peshawar.

"Afridi kembali dari sebuah desa, Mathra, ketika orang-orang bersenjata tidak dikenal menembakkan peluru ke mobil yang kendarainya," ungkap Mian Saeed, seorang pejabat senior polisi.

"Menurut laporan awal, dua pria bersenjata menembaki mobilnya dari kedua sisi dan melarikan diri setelah serangan itu," imbuh pejabat senior kepolisian tersebut.

Pejabat polisi lainnya, Shakirullah Bangash, mengonfirmasi insiden itu dan mengatakan bahwa operasi pencarian sedang dilakukan di lokasi dan di sekitar kejadian untuk melacak para pelaku penembakan tersebut.

Tak lama berselang setelah insiden itu, Fahad Marwat, juru bicara kelompok militan Jandullah, mengungkapkan kelompoknya bertanggung jawab atas pembunuhan itu.

Namun, selang beberapa jam, juru bicara Tehreek-i-Taliban Pakistan Ehsanullah Ehsan juga mengklaim sebagai pihak yang bertanggung jawab atas pembunuhan Afridi.

"Kami membunuh Samiullah Afridi karena membantu Shakeel Afridi dan (kami) juga akan menargetkan pengacara lain yang memberikan bantuan hukum kepada dia," katanya.

Bin Laden tewas pada 2 Mei 2011 dalam operasi yang dilakukan pasukan khusus AS Navy SEAL. (AFP/Hym/I-2)