7% Publik Menggosok Gigi dengan Benar

Penulis: Eko Cornelius Pada: Rabu, 25 Mar 2015, 00:00 WIB DPR
7% Publik Menggosok Gigi dengan Benar

ANTARA/Dhoni Setiawan

MASYARAKAT Indonesia yang memahami cara menggosok gigi dengan benar diperkirakan hanya mencapai 7%. Imbasnya, kasus gigi berlubang (karies) di negara kita cukup tinggi, yaitu 72% dari total penduduk (Riset Kesehatan Dasar/Riskesdas 2013).

''Waktu menyikat gigi yang benar seharusnya pagi dan malam hari. Namun, masih banyak yang salah dengan menggosok gigi di siang hari,'' ungkap drg Jeddy, SpKGA, Direktur PT Royal Abadi Dentalindo, di acara peletakan batu pertama pembangunan Royal Dental Hospital, di Tangerang, kemarin (Selasa, 24/3/2015).

Menurut Jeddy, jumlah orang dengan gigi berlubang yang memeriksakan ke dokter gigi masih sangat rendah. Hal itu terlihat dari data Riskesdas 2013 yang menyatakan hanya 46,5% penduduk Indonesia berkaries gigi yang berobat ke dokter gigi.

Minimnya kesadaran publik untuk berobat ke dokter gigi juga disampaikan kolega Jeddy, drg Martha Juslily. ''Masyarakat kita masih menyepelekan sakit gigi.''

Padahal, menurut Martha, penyakit gigi yang tidak diobati bisa merambat penyakit lain, misalnya penyakit jantung, ginjal, dan tulang, serta penyakit kronis lainya. Penyakit jantung yang disebabkan masalah di gigi, disebut focal infection.

''Focal infection terjadi ketika mikroorganisme yang berasal dari gigi dan mulut menyebar melalui pembuluh darah ke bagian tubuh lain, salah satunya ke jantung.''

Tidak hanya menyebabkan sakit jantung, masalah gigi dan mulut juga bisa mengakibatkan kanker pada rongga mulut. Karena ia, Martha mengingatkan pentingnya melakukan kontrol secara berkala ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Jeddy menambahkan bahwa RS Royal Dental memiliki seluruh layanan spesialisasi kedokteran gigi yang lengkap, yaitu konservasi, prostodonti, oral surgery, pedodonti, oral medicina, orthodonti, dan periodonti.

Pada kesempatan itu, Bupati Tangerang A Zaki Iskandar juga hadir untuk meresmikan Royal Dental Hospital. RS Royal dental, menurut Zaki, merupakan RS swasta khusus gigi dan mulut yang pertama di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara.(Tlc/H-1)