Timnas Sulit Imbangi Kamerun

Penulis: MI Pada: Rabu, 25 Mar 2015, 00:00 WIB DPR
Timnas Sulit Imbangi Kamerun

WIKIPEDIA

TIMNAS Indonesia amat mungkin akan kesulitan untuk mengimbangi permainan Kamerun pada laga uji coba di Stadion Delta Sidoarjo sore ini. Level Kamerun yang sudah mendunia menjadi alasan utama. Apalagi, mereka datang ke Indonesia dengan mayoritas pemain terbaik.

Timnas Indonesia sebelumnya gagal bersaing di Piala AFF 2014 setelah tersingkir di fase grup. Apalagi kala itu timnas \'Garuda\'--julukan Indonesia--harus menerima kekalahan 0-4 dari Filipina.

Hal serupa juga dirasakan Kamerun setelah gagal total di pergelaran Piala Afrika 2015. Bahkan juara empat kali Piala Afrika itu harus puas berada di dasar klasemen Grup D dan hanya mampu mengumpulkan dua poin dari dua kali hasil seri.

Meski sama-sama sedang dalam kondisi terluka, karteker timnas Indonesia Benny Dollo mengaku siap memberikan hasil yang terbaik.

Namun, Benny mengaku tidak akan menargetkan kemenangan kepada skuat asuhannya. \"Saya sudah bilang ke mereka (pemain), tampillah dengan kualitas yang kalian miliki. Semua itu dikeluarkan. Persoalan kalah dan menang itu persoalan kedua. Mereka sudah bermain maksimal. Itu yang kita harapkan,\" ungkap pelatih yang sering disapa Bendol itu.

Akan tetapi, singkatnya waktu persiapan dan belum dimulainnya kompetisi Indonesia Super League (ISL) menjadi kesulitan bagi timnas untuk dapat mengeluarkan permainan terbaik.

\"Atmosfer sentuhan permainan memang belum dirasakan oleh pemain kita. Walaupun ada turnamen dan kompetisi lainnya, atmosfer sesungguhnya dari pemain memang belum. Itu yang menjadi persoalan,\" imbuh pelatih Sriwijaya FC ini.

Indonesia pernah bertemu dengan Kamerun dalam laga persahabatan pada 16 November 2012. Saat itu, timnas yang menjamu Kamerun di Stadion Utama Gelora Bung Karno mampu menahan imbang 0-0.

Untuk kali ini, pelatih Kamerun Volker Finke menargetkan kemenangan setelah tidak merasakan manisnya hasil positif dalam enam laga internasional sebelumnya. Kamerun terakhir merasakan kemenangan saat mengalahkan RD Kongo pada 19 November tahun lalu.

Dalam menjalani tur Asia Tenggara, Kamerun menyiapkan skuat terbaik untuk menghadapi Indonesia dan Thailand pada 30 Maret. Kamerun membawa dua pemain yang terdaftar sebagai punggawa klub Barcelona B Fabrice Ondoua yang berposisi sebagai penjaga gawang dan Franck Bagnack yang berposisi sebagai bek tengah. Selain itu, nama tenar lainnya seperti bek Schalke 04, Joel Matip, dan gelandang Sevilla Stephane Mbia disiapkan.

Gabung timnas

Dalam duel nanti, kabar gembira diterima pemain belakang Persipura Jayapura Bio Paulin Pierre. Pasalnya, pemain naturalisasi asal Kamerun itu telah dihubungi Badan Tim Nasional (BTN) untuk bergabung dalam laga uji coba melawan Myanmar, Senin (30/3).

Bio sudah resmi berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI) setelah diambil sumpahnya di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua, Senin (23/3). \"Saya senang dan bangga saat BTN menelepon saya untuk bergabung ke Sidoarjo. Ini yang saya impikan selama ini. Saya akan berjuang maksimal demi timnas Indonesia lebih baik ke depannya,\" ujar Bio.

Bio dijadwalkan baru bergabung mengikuti pemusatan latihan di Sidoarjo besok. Pemain yang lahir di Kamerun itu melengkapi empat pemain naturalisasi, yakni Viktor Igbonefo, Raphael Maitimo, Kim Jeffrey Kurniawan, dan Cristian Gonzales, yang sudah bergabung. (R-1)