Al-Qaeda Rebut Bandara di Kota Mukalla

Penulis: MI Pada: Sabtu, 18 Apr 2015, 00:00 WIB DPR
Al-Qaeda Rebut Bandara di Kota Mukalla

AP

KELOMPOK garis keras Al-Qaeda mengambil alih kendali bandara, pelabuhan, dan instalasi minyak di wilayah Yaman bagian selatan, Kamis (16/4) waktu setempat.

Mereka mengambil manfaat dari semakin intensifnya gempuran pasukan koalisi Teluk pimpinan Arab Saudi terhadap pemberontak Houthi.

Pihak militer dan penduduk setempat mengatakan gerilyawan Al-Qaeda terlibat bentrok bersenjata dengan anggota salah satu brigade terbesar Yaman di luar Mukalla, sebuah kota yang dikuasai oleh kelompok itu pada awal bulan ini.

Al-Qaeda mengambil alih Bandara Ryan dan bergerak menguasai sebuah pelabuhan terpenting di kota itu. Di sana, mereka juga bergerak mencaplok terminal minyak.

Pejabat keamanan yang berbicara dari Kota Sana'a dengan kondisi anonimitas mengatakan para pemimpin brigade yang bertugas melindungi seluruh wilayah melarikan diri.

Nasser Baqazouz, seorang aktivis di kota itu, mengatakan pasukan yang menjaga bandara memberikan sedikit perlawanan terhadap pejuang Al-Qaeda. "Mereka terus mengonsolidasikan kekuatan di kota."

Sejak 26 Maret, koalisi pimpinan Saudi telah menyerang para pemberontak Syiah Houthi dan unit militer sekutu yang loyal kepada mantan Presiden Ali Abdullah Saleh.

Namun, serangan belum ditargetkan ke daerah basis Al-Qaeda, termasuk Provinsi Hadramaut. (AFP/Hym/I-2)