1943: Isoroku Yamamoto Terbunuh

Penulis: MI Pada: Sabtu, 18 Apr 2015, 00:00 WIB DPR
1943: Isoroku Yamamoto Terbunuh

WIKIPEDIA

ISOROKU Yamamoto ialah komandan Angkatan Laut Jepang selama empat tahun pertama Perang Dunia II. Secara umum ia dianggap sebagai pakar strategi perang laut Jepang teragung dan di antara pakar strategi angkatan laut terbaik dalam sejarah.

Yamamoto sebenarnya dilahirkan sebagai Isoroku Takano. Isoroku ialah istilah silam Jepang yang berarti '56', nama yang merujuk usia sang bapak ketika Isoroku dilahirkan.

Pada 1916 ia mengganti nama belakangnya menjadi Yamamoto, sebab Yamamoto merupakan nama lama yang dihormati dalam sejarah Jepang.

Pada 1943, Yamamoto memutuskan melakukan lawatan pemeriksaan sepanjang Pasifik Selatan.

Data enkripsi asal NTF131755 ditujukan kepada komandan Base Unit No 1, Flotila Udara ke-11 dan Flotila Udara ke-26 yang memberi tahu rencana lawatan itu.

Di dalamnya terkandung perincian mengenai tempat, waktu tolak, dan tibanya Yamamoto, termasuk jumlah dan jenis pesawat yang akan membawa dan mengiringinya dalam perjalanan.

Disebutkan, Yamamoto terbang pada 18 April ke Bougainville di Kepulauan Solomon di pesisir New Guinea dengan menggunakan Mitsubishi G4M 'Betty'. Isoroku tewas pada hari itu saat pesawatnya ditembak pasukan AS di atas Pulau Bougainville. (18 April/History/BBC/Dok.MI)