1946:Liga Bangsa-Bangsa Dibubarkan

Penulis: MI Pada: Sabtu, 18 Apr 2015, 00:00 WIB DPR
1946:Liga Bangsa-Bangsa Dibubarkan

WIKIPEDIA

LIGA Bangsa-Bangsa (LBB) didirikan pada 10 Januari 1920 setelah pelaksanaan Konferensi Perdamaian di Paris pada 1919. Fungsi utama LBB antara lain melucuti senjata, mencegah terjadinya perang melalui keamanan kolektif, menyelesaikan pertentangan antarnegara melalui negosiasi dan diplomasi, serta memperbaiki kesejahteraan hidup global.

Ide awal pendirian LBB berasal dari Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson. Akan tetapi, AS kemudian tidak pernah bergabung dengan organisasi itu.

Dalam rentang waktu 1920-1937, sebanyak 21 negara masuk menjadi anggota baru, tetapi tujuh di antaranya kemudian mengundurkan diri (ada yang dikeluarkan) sebelum 1946.

LBB tidak mempunyai angkatan bersenjata dan bergantung kepada kekuatan internasional untuk menjaga resolusi-resolusi mereka agar dipatuhi. Meskipun awalnya berhasil menjalankan tugas dengan baik, LBB kemudian menemui kegagalan saat mencegah berbagai serangan yang dilakukan Kekuatan Poros pada 1930-an.

Negara-negara Poros merupakan negara-negara yang menentang pihak sekutu selama Perang Dunia II, terdiri dari tiga negara utama yaitu Nazi Jerman, Italia, dan Kekaisaran Jepang.

Pecahnya Perang Dunia II semakin menunjukkan LBB telah gagal mencegah pecahnya perang. Akhirnya setelah Perang Dunia II berakhir, tepatnya pada 18 April 1946, LBB resmi dibubarkan dan diganti dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa. (18 April/History/BBC/Dok.MI)