Karena SMS, Siti Nurjanah Raih Penghargaan Internasional

Penulis: MI Pada: Sabtu, 18 Apr 2015, 00:00 WIB DPR
Karena SMS, Siti Nurjanah Raih Penghargaan Internasional

MI

SUARA perempuan dipandang oleh Siti Nurjanah, salah satu anggota dari lembaga swadaya masyarakat (LSM) Wydii (Surabaya), kurang terdengar dalam proses pengambilan keputusan. Oleh karena itu, dirinya menginisiasi sebuah sistem yang ia namakan Suara Kita, yang berfungsi sebagai survei atas tanggapan kaum perempuan mengenai kebijakan yang terjadi.

Tujuan sistem dengan memanfaatkan teknologi pesan singkat (SMS) itu telah dicoba di Desa Tunjungtirto, Malang, Jawa Timur. Atas modal itu, dirinya memberanikan diri mengajukan proposal pada Global Innovation International 2015, yang merupakan kompetisi berskala internasional untuk mencari inovasi yang dapat menjembatani suara masyarakat kepada pemerintah secara anonim.

Ternyata ia berhasil masuk ke kelompok pemenang bersama empat kontestan lainnya yang berasal dari Afrika Selatan, Filipina, Nigeria, dan Mozambik. Atas prestasi itu, Siti dan kawan-kawannya yang tergabung di dalam LSM Wydii yang mengembangkan sistem ini berhak atas uang tunai hingga 70 ribu pound sterling untuk mengembangkan sistem tersebut lebih jauh lagi.

"Langkah pertama saya setelah memenangi ini ialah melakukan assessment terkait kebutuhan mendadak desa tersebut, mengaplikasikan sistemnya, dan coba mengembangkan sistem tersebut ke luar desa," terangnya setelah menerima penghargaan Global Innovation International 2015, di Jakarta, Kamis (16/04).

Peraih penghargaan lainnya, Ida Nurwidya, finalis lain yang berasal dari Bandung, hadir dengan konsep sebuah jejaring sosial yang dapat memberikan informasi mengenai dampak perubahan iklim dari masyarakat kepada pemerintah. Sayangnya, karena idenya dianggap kurang matang, Ida hanya mendapatkan penghargaan.

Salah satu juri dalam ajang tersebut, Sheila Ochugboju, menyatakan kompetisi tersebut diikuti 10 finalis. Pemenang kompetisi dinilai dari kesiapan ide mereka sebelum dilepas ke masyarakat. "Ini bukan hanya soal uang, melainkan juga bentuk aplikatif dari ide mereka yang terpenting." (Ric/H-1)