Konvoi Motor Tua Sosialisasikan KAA

Penulis: BU/AD/BK/N-4 Pada: Minggu, 19 Apr 2015, 00:00 WIB DPR
Konvoi Motor Tua Sosialisasikan KAA

ANTARA/Fahrul Jayadiputra

SEKITAR 300 motor tua dari komunitas Bikers Brotherhood Bandung melaksanakan kirab bendera mengelilingi Kota Bandung untuk menyosialisasikan pembukaan Konferensi Asia Afrika (KAA) yang akan dimulai hari ini di Jakarta dan puncaknya di Kota Bandung pada 24 April mendatang.

Budi Dalton, ketua komunitas Bikers Brotherhood, menyatakan apresiasinya terhadap Pemerintah Kota Bandung yang meminta komunitas motor tua itu sebagai pembuka rangkaian acara KAA yang diselenggarakan Pemkot Bandung.

Selain konvoi motor tua, aksi para pesepeda yang tergabung dalam Komunitas Gowes Bandung juga mengadakan aksi bersepeda keliling kota dan berakhir di depan Gedung Merdeka tempat diselenggarakannya KAA.

Mereka kemudian melakukan orasi sekitar 30 menit yang intinya agar peserta KAA menghasilkan kesepakatan untuk mengakui kemerdekaan Palestina.

Selain hajatan yang diselenggarakan warga Bandung, KAA juga memberi kesempatan bagi Kabupaten Tasikmalaya mempromosikan batu jasper khas wilayah itu yang akan dijadikan cendera mata untuk para kepala negara.

Pakar batu mulia Sujatmiko seusai menjadi juri Expo Gemstone di Kota Tasikmalaya menjelaskan sebanyak 120 batu jasper disiapkan untuk cendera mata.

"Nanti dicari desain-desain yang mempunyai nilai tinggi. Dari Tasikmalaya ada beberapa jenis batu yang masuk, salah satunya jenis jasper," terangnya.

Selain dari Kabupaten Tasikmalaya, jasper untuk suvenir ini diambil dari Garut, Bandung, dan Sukabumi.

Dalam hajatan ini, masalah keamanan mulai ditingkatkan.

Wilayah lain di luar Kota Bandung ikut meningkatkan kewaspadaan, seperti dilakukan Polsek Pacet, Kabupaten Cianjur, merazia rumah indekos di sejumlah lokasi di Kecamatan Cipanas dan Pacet pada Jumat (17/4) petang hingga malam hari.

Razia difokuskan terhadap penghuni indekos yang tidak memiliki identitas untuk meminimalkan tindak kejahatan.