Sempurnakan Kemenangan di Nou Camp

Penulis: Satria Sakti Utama Pada: Selasa, 21 Apr 2015, 00:00 WIB DPR
Sempurnakan Kemenangan di Nou Camp

DOKMI

KEMENANGAN 3-1 atas Paris Saint-Germain (PSG) di Parc des Princes, Kamis (16/4), membuat peluang Barcelona melangkah ke semifinal Liga Champions lebih besar ketimbang wakil Lique 1 itu. Namun, klub asal Catalan tersebut tidak ingin mengincar hasil seri di laga kedua Nou Camp dini hari nanti.

Sebaliknya, bagi PSG, untuk lolos ke semifinal, mereka harus menang minimal 3-0.

"Kemenangan itu memang penting, tapi bukan berarti sudah menentukan kelolosan kami," ucap pelatih Barcelona Luis Enrique.

Bek kanan Barcelona Dani Alves yang absen di laga pertama karena akumulasi kartu menambahkan kepribadian dan karakter serta keberanian mengambil risiko ialah satu-satunya cara untuk mencapai ambisi Anda di Liga Champions.

"Kami tidak akan hanya mengandalkan keuntungan kami karena kami tidak tahu bagaimana bermain dengan cara seperti itu. Filosofi kami ialah bertarung untuk setiap bola dan bermain seperti pertandingan terakhir kami," imbuh bek Brasil itu di Marca.

Dalam duel nanti, kekuatan lini tengah Barcelona akan makin kuat dengan membaiknya kesehatan Andres Iniesta. The Casper sempat mengalami cedera di laga pertama. Saat itu, badan bagian belakang Iniesta berbenturan dengan lutut Javier Pastore. Saat itu Iniesta langsung terjatuh. Tim medis menyatakan Iniesta tak bisa melanjutkan pertandingan.

Iniesta juga harus ditandu untuk dibawa ke luar lapangan. Ia juga sempat absen di laga melawan Valencia, Sabtu (18/4). Akan tetapi, Minggu (19/4), playmaker timnas Spanyol tersebut sudah kembali berlatih.

Dibawa
Meski secara statistik PSG sulit mengalahkan Barcelona. Pelatih Laurent Blanc meminta semua pemain untuk tidak kehilangan harapan.

Pelatih asal Prancis itu menyebut masih ada harapan bagi timnya jika mereka mau bekerja keras.

"Kemenangan atas Nice (di Ligue 1) merupakan persiapan yang bagus untuk pertandingan tengah pekan ini. Penampilan kami di babak pertama cukup buruk, tetapi kami mampu menunjukkan peningkatan di babak kedua," tutur Blanc kepada Sport.

Blanc makin yakin karena kapten Thiago Silva yang sempat cedera hamstring juga dibawa ke Barcelona. Amat mungkin Silva tidak akan turun sebagai starter. David Luiz yang bakal mendapat kesempatan. Sang bek disebut sudah pulih sepenuhnya setelah mendapat perawatan di Rusia.

Marco Verratti dan Zlatan Ibrahimovic juga diperkirakan bisa tampil meski hal yang sama tidak bakal dialami Serge Aurier yang terkena sanksi larangan bermain dan Thiago Motta yang masih belum pulih dari cedera yang dialami.

Titik lemah justru berada di posisi kiper. Kiper Italia Salvatore Sirigu mendapat banyak kritik kala PSG kalah 1-3 di laga pertama. Akan tetapi, ia tampil apik saat PSG menang atas Nice di Lique 1.

"Kali ini media menyebut saya tampil bagus. Saat melawan Barcelona, saya disebut tampil amat buruk. Saya sendiri saat ini amat percaya diri dan yakin dengan kemampuan tim. Saya bisa berjalan dengan kepala tegak," tutur Sirigu kepada AS. (AFP/AP/R-1)