Berkarir Bagus Kok Nyampah

Penulis: Nel/Ssr/J-1 Pada: Senin, 23 Feb 2015, 00:00 WIB DPR
Berkarir Bagus Kok Nyampah

MI/IMMANUEL ANTONIUS

PULUHAN relawan yang tergabung dalam komunitas Bersih Nyok dan PNS Dinas Kebersihan DKI Jakarta kemarin pagi berkumpul di depan FX Sudirman untuk melakukan aksi memungut sampah sebagai bagian dari kampanye Jakarta bebas sampah 2020.

Puluhan relawan kebersihan ini mengunakan kaos berwarna orange dengan tulisan Jakarta Bersih 2020. Warna orange yang digunakan para relawan ini nampak mencolok ditengah-tengah puluhan ribu massa yang memadati kawansan Sudirman-Thamrin untuk menikmati Car Free Day.

Dari FX Sudirman, relawan bergerak dengan membawa kantong plastik hitam dan merah untuk tempat pembuangan sampah. Sementara peserta terdepan membawa spanduk bertuliskan sindiran kreatif mengenai kebiasaan membuang sampah seperti "Berkarir Bagus Di Jakarta Tapi Masih Nyampah", "Naik Transjakarta Keren-Keren Tapi Nyampah".

Dalam rombongan juga nampak Kasudin Kebersihan DKI Jakarta Ediningtyas Kusumadewi, mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim. Meski sudah tidak muda lagi, Emil Salim nampak antusias mengikuti kegiatan ini. Walau tergopoh-gopoh, ia jalan sambil membersihkan sampah. Meskipun tergopoh-gopoh ia tetap mampu berjalan sampai Bundaran HI.

Menurutnya, kebersihan tidak hanya dari lingkungan saja tetapi juga bersih secara jasmani dan rohani. Sehingga, melalui jalan sehat dan aksi memungut sampah ini telah merangkum semua kebersihan. "Jadi bersih ini tidak hanya bersih dari sampah juga bersih dari berbagai hal," ujarnya.

Ediningtyas Kusumadewi menyatakan kegiatan ini dilakukan untuk membangkitkan kesadaran agar tidak buang sampah sembarangan.