Ketua DPR Minta KPK Serius Tuntaskan Korupsi Besar

Penulis: Juven Martua Sitompul Pada: Kamis, 24 Mei 2018, 06:48 WIB DPR
Ketua DPR Minta KPK Serius Tuntaskan Korupsi Besar

ANTARA

KETUA DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk lebih serius memerhatikan kasus korupsi besar. Penuntasan kasus besar dinilai Bamsoet dapat mempercepat pengembalian kerugian uang negara dengan cepat.

"Saya juga menangkap saran publik kiranya KPK dapat memberi perhatian besar terhadap kasus-kasus besar atau grand corruption, sehingga aset recovery yang dikembalikan juga bisa mencapai jumlah yang besar," kata Bamsoet di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (23/5).

Politikus Partai Golkar itu juga menilai, penindakan harus seimbang dengan pencegahan. Dengan begitu, lanjut dia pemberantasan korupsi di tanah air bisa berjalan dengan baik.

"Terlalu fokus pada strategi penindakan adalah ibarat membersihkan lantai yang basah dan kotor tanpa menutup genteng yang bocor atau sumber yang menjadi penyeban lantai basah dan kotor tersebut," ujarnya.

Tidak hanya KPK, menurut Bamsoet, semua instrumen negara baik dari eksekutif, legislatif atau pun yudikatif perlu memperbaiki sistem yang bocor. Sehingga, tidak ada lagi peluang bagi seorang pejabat negara untuk melakukan praktik korupsi.

Di samping itu, Bamsoet menilai keberhasilan pemberantasan korupsi bukan hanya dilihat dari seberapa banyak pejabat yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Melainkan, seberapa besar kerugian negara yang bisa dicegah dan diselamatkan KPK.

"Mengingat berapa banyak korupsi yang akut dan budaya korupsi merajalela merasuk dalam semua aspek kehidupan masyarakat," pungkasnya. (Medcom/OL-2)