Anggota Komisi III Puji Pemungut Sampah yang Jujur

Penulis: Astri Novaria Pada: Minggu, 27 Mei 2018, 13:48 WIB DPR
Anggota Komisi III Puji Pemungut Sampah yang Jujur

MI/MOH IRFAN
Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Arteria Dahlan

SEORANG kakek yang menjadi pemungut sampah di Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Jubaidi, 65, bisa dijadikan teladan atas kejujurannya. Ia mencari dan mengembalikan karung berisi uang Rp20.190.000 yang ia temukan ke pemiliknya.

"Ini pesan moral yang diberikan Allah di bulan Ramadan melalui budi baik Pak Jubaidi, seorang tukang sampah yang mengembalikan uang tunai Rp20 juta dalam karung goni yang ditemukannya sewaktu memungut sampah. Pesan moral berupa kejujuran dan integritas yang disampaikan Allah melalui Pak Jubaidi, pemungutan sampah dengan segala kesederhanaan dan keterbatasan yang dimilikinya," ujar Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Arteria Dahlan, di Jakarta, Minggu (27/5).

Ia berharap masyarakat dapat mengambil hikmah dari kejadian tersebut, mendisiplinkan diri utuk berperilaku jujur, tidak mengambil yang bukan haknya dan senantiasa bersyukur atas apapun rezeki yang diberikan Tuhan.

Terlebih, kata dia, hal itu dilakukan seorang pemungut sampah yang penghasilannya tidak sampai Rp40 ribu per hari. Akan tetapi, dia berhati mulia dan tidak tergoda untuk mengambil yang bukan haknya.

"Walaupun kesempatan itu mungkin saja sekali seumur hidup dan tidak akan terulang. Semoga Allah memberikan yang terbaik kepada Pak Jubaidi, yang telah memberikan kita semua pembelajaran bahwa kehormatan dan kemuliaan itu tidak harus ditempatkan pada posisi yang mulia dan terhormat. Akan tetapi bisa dikerjakan dan dilakukan oleh setiap orang, oleh kita semua," pungkasnya. (OL-2)