Kerja Sama Indonesia-Meksiko Lebih Ditingkatkan

Penulis: Astri Novaria Pada: Rabu, 06 Jun 2018, 18:01 WIB DPR
Kerja Sama Indonesia-Meksiko Lebih Ditingkatkan

MI/MOHAMAD IRFAN

WAKIL Ketua DPR RI Utut Adianto berharap hubungan kerja sama dua negara antara Indonesia dan Meksiko yang sudah terjalin dengan baik dapat lebih ditingkatkan lagi. Utut juga mendorong agar Presiden Jokowi beserta Menteri Pariwisata dapat melakukan kunjungan ke Meksiko guna mempererat hubungan antar kedua negara.

“Dalam pertemuan ini, pokok pembahasan kami lebih menitikberatkan pada masalah hubungan kerja sama antara Indonesia dan Meksiko. Dalam hubungan dagang, nilainya juga sudah sangat baik yakni 1,2 miliar dollar. Dan kebetulan di sisi kita mengalami surplus. Tetapi ini masih bisa lebih ditingkatkan lagi,” ucap Utut usai menerima kunjungan Duta Besar Meksiko untuk Indonesia Armando G. Alvarez di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (6/6).

Dalam pertemuan tersebut, Utut menyampaikan bahwa Indonesia ingin belajar mengenai masalah sektor pariwisata dari Meksiko. “Kita tahu mereka (Mexico) punya Acapulco, Los Cabos, Kankun yang jauh lebih maju. Saya berharap Presiden Jokowi beserta Menteri Pariwisata dapat berkunjung ke Meksiko guna membangun hubungan yang lebih erat lagi antara kedua negara," terangnya.

Ia juga mengharapkan agar beberapa atlet tinju nasional bisa dilatih di Meksiko, mengingat Meksiko juga sangat kuat di cabang olahraga Boxing. “Saya sendiri sebagai Ketua Umum Percasi berjanji akan mengundang atlet catur mereka untuk bertanding di Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, Dubes Meksiko Armando G. Alvarez mengungkapkan, bahwa hubungan antara Indonesia dan Meksiko sangatlah erat, meskipun letaknya sangat berjauhan. “Tahun ini hubungan Indonesia dan Meksiko sudah terjalin selama 65 tahun, akan sangat menyenangkan apabila kita bisa meningkatkan kerja sama, baik ekonomi, hukum, keamanan, dan bidang yang lainnya,” ucap Armando. (X-10)