Ketua DPR Harapkan Penguatan Hubungan dengan Bahrain

Penulis: Dero Iqbal Mahendra Pada: Selasa, 17 Jul 2018, 18:21 WIB DPR
Ketua DPR Harapkan Penguatan Hubungan dengan Bahrain

KETUA DPR Bambang Soesatyo (Bamoset) berharap hubungan antara Indonesia dengan Bahrain dapat lebih meningkat lagi kedepannya. Bahrain sendiri dipandang Bamsoet sebagai mitra strategis Indonesia dalam perdagangan di wilayah Timur Tengah.

Dirinya melihat adanya potensi peningkatan hubungan Indonesia Bahrain ke bidang bidang lainnya seperti politik, ekonomi dan pertahanan keamanan. Dengan besarnya potensi perdagangan antar kedua negara maka diperlukan dialog guna menciptakan kesepahaman antar kedua negara, khususnya kemudahan bagi masuknya produk Indonesia ke pasaran Timur Tengah.

Bamsoet menjelaskan Indonesia memandang Bahrain sebagai mitra strategis yang bisa dijadikan sebagai pintu masuk produk Indonesia ke berbagai negara Timur Tengah, Teluk, dan Afrika Utara. Sampai dengan akhir tahun 2017, nilai total perdagangan kedua negara mencapai US$ 206.308 juta dengan nilai ekspor Indonesia yang masih relatif kecil yaitu sebesar US$ 47.348 juta.

"Dengan kunjungan ini, saya harap Parlemen Bahrain dapat membantu memberikan kemudahan bagi masuknya berbagai produk Indonesia kesana," terang Bamsoet saat menerima Wakil Ketua Parlemen Bahrain Abdulhalim Abdulla Ahmed Murad di ruang kerja Ketua DPR RI, Jakarta, Selasa (17/7).

Lebih lanjut dirinya berharap hubungan sosial antar kedua negara dapat ditingkatkan lagi. Untuk itu perlu dibuka kerja sama penerbangan udara yang dapat memudahkan konektifitas kedua warga negara dalam membangun interaksi. Hal tersebut juga menjadi harapan dari Bahrain agar maskapai penerbangan mereka dapat masuk ke Indonesia.

"Mr. Abdulhalim menyampaikan keinginannya agar maskapai mereka, Bahrain Air, bisa landing di Jakarta. Beliau juga berjanji akan membantu jika Garuda Indonesia ingin landing di Bahrain. Kerja sama penerbangan udara ini sangat bagus. Selain bisa meningkatkan kunjungan wisatawan kedua negara, juga bisa meningkatkan interaksi kedua warga negara," tutur Bamsoet.

Bamsoet juga mengapresiasi berbagai kegiatan sosial yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Bahrain di Indonesia. Sebagaimana diketahui kedatangan delegasi Bahrain ke Indonesia salah satunya berkaitan dengan meresmikan berbagai masjid di wilayah Bekasi, Bandung dan Bogor dan memberikan bantuan sosial ke sejumlah panti asuhan.

"Saya sangat mengapresiasi kunjungan delegasi Bahrain ke Indonesia untuk meresmikan berbagai masjid di Bekasi, Bandung dan Bogor, serta untuk memberikan bantuan sosial ke berbagai panti asuhan. Berbagai bentuk kegiatan sosial tersebut tak hanya bermanfaat bagi masyarakat Indonesia saja, tetapi juga akan mempererat hubungan antara negara Indonesia dengan Bahrain," pungkas Bamsoet.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Parlemen Bahrain H.E., Abdulhalim Abdulla Ahmed Murad menjelaskan Indonesia memiliki arti khusus bagi masyarakat Bahrain. Sehingga pihaknya akan selalu membuka diri terhadap berbagai kerja sama yang ditawarkan oleh Indonesia.

"Kami membuka diri untuk membangun kerjasama eksplorasi ladang minyak di Bahrain serta mengundang para insinyur Indonesia untuk berkarir di Bahrain. Selain itu, ada potensi perdagangan lainnya yang tak kalah penting. Sebagai negara yang juga memproduksi arang misalnya, Indonesia bisa memasok arang ke Bahrain. Kebutuhan arang di Bahrain sangat tinggi setiap bulannya," ujar Abdulhalim. (OL-7)