Ketua DPR RI Harap Ada Keseragaman Data Penerima Bansos

Penulis: MICOM Pada: Jumat, 10 Agu 2018, 19:19 WIB DPR
Ketua DPR RI Harap Ada Keseragaman Data Penerima Bansos

ANTARA FOTO/Ardiansyah

KETUA DPR RI Bambang Soesatyo angkat bicara terkait data penerima bantuan sosial (Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Beras Sejahtera (rastra) yang belum terintegrasi antar satu lembaga dengan yang lainnya, sehingga menyebabkan adanya bantuan sosial tidak tepat sasaran.

"Mendorong Komisi II DPR dan Komisi VIII DPR meminta Kementerian Sosial (Kemensos) untuk melakukan koordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemerintah Daerah (Pemda) untuk melakukan pemutakhiran data bersama, agar terdapat keseragaman data mengenai penerima bansos," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet itu lewat keterangan resmi yang diterima Media Indonesia, Jumat (10/8).

Menurut Bamsoet, hal itu dilakukan agar penyaluran bantuan sosial tepat sasaran. Pihaknya juga mendorong Komisi II DPR RI untuk meminta Kemendagri melalui Pemda (Dinas Sosial) berkoordinasi dengan pemerintahan tingkat kelurahan bersama RT dan RW untuk melakukan pendataan secara berkala terhadap warganya yang dikategorikan miskin dan sesuai dengan kriteria penerima bantuan sosial.

"Sehingga setiap program bantuan dapat menggunakan satu sistem basis data yang sama," tandasnya.

Pihaknya juga mendorong Komisi VIII DPR meminta Kemensos bersama instansi terkait untuk melakukan evaluasi penyaluran bantuan sosial agar penyaluran bantuan sosial di tahap selanjutnya dapat lebih tepat sasaran. (RO/OL-7)