Bamsoet Minta Kompetensi Pendidikan Ditingkatkan Sesuai WTTC

Penulis: MICOM Pada: Jumat, 10 Agu 2018, 19:39 WIB DPR
Bamsoet Minta Kompetensi Pendidikan Ditingkatkan Sesuai WTTC

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

TERKAIT masih kurangnya pekerja di sektor pariwisata yang bersertifikasi, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) lewat keterangan resmi yang diterima Media Indonesia mendorong Komisi X DPR meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk meningkatkan kompetensi pendidikan sesuai standar World Travel & Tourism Council (WTTC) 2018.

"Khususnya, di sekolah-sekolah tinggi pariwisata dan SMK jurusan terkait, dengan meningkatkan kemampuan pengajar dalam mengarahkan peserta didik agar memiliki kompetensi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, serta memberikan dukungan sarana dan prasarana yang memadai kepada SMK jurusan terkait," ujarnya, Jumat (10/8).

Berdasarkan data dari WTTC 2018, sektor pariwisata yang meliputi wisatawan dan perjalanan di Indonesia menyumbang Rp 770 triliun atau sebesar 6,2% pada produk domestik bruto.

Pihaknya juga meminta Kemenpar untuk melakukan pemetaan dan penyeleksian kembali terhadap pekerja di sektor pariwisata, untuk memberikan pelatihan-pelatihan guna meningkatkan kemampuan pekerja di sektor pariwisata.

"Agar pekerja yang mendapatkan sertifikasi mengalami peningkatan, mengingat saat ini baru 28.000 tenaga kerja yang sudah bersertifikat dari 230.000 tenaga kerja di sektor pariwisata," tandasnya.

Kemenpar juga diminta untuk memberikan pelatihan bahasa Inggris dan bahasa internasional lainnya kepada pekerja di sektor pariwisata, agar pekerja di sektor wisata Indonesia tidak kalah bersaing dengan tenaga kerja pariwisata di ASEAN. (RO/OL-7)