Komisi V Tinjau Progres Pembangunan Terminal Bandara Tjilik Riwut

Penulis: Micom Pada: Senin, 10 Sep 2018, 15:13 WIB DPR
Komisi V Tinjau Progres Pembangunan Terminal Bandara Tjilik Riwut

Dok. DPR RI

TIM Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI Anton Sukartono Suratto meninjau terminal baru di Bandara Kelas I Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (7/9).

Kunspek kali ini, kata Anton, guna melihat progres pembangunan infrastruktur terminal baru yang sudah dibangun sejak tahun 2014 lalu.

“Hingga tahun 2018 ini, pembangunannya sudah mencapai 92%. Menurut saya, kondisi pembangunan sudah tidak ada kendala, sudah baik dan tidak ada masalah. Sekarang kita doakan saja, sebelum bulan April tahun depan bisa segera diresmikan,” ujar Anton di sela-sela peninjauan terminal baru Bandara Tjilik Riwut.

Terkait anggaran, politikus Partai Demokrat itu menyatakan sudah tidak ada masalah. Hingga saat ini, anggaran yang mencapai Rp361 miliar, sudah terserap sebesar Rp308 miliar. Jika pembangunan bandara sudah selesai, maka Kementerian Perhubungan akan menyerahkan kepada pihak pengelola bandara, Angkasa Pura.

“Saya berharap jika sudah diresmikan nantinya, bisa dikelola dengan baik, dan juga bisa digunakan oleh masyarakat agar bisa lebih nyaman dalam melakukan aktivitas dengan menggunakan alat transportasi udara,” harap politikus dapil Jawa Barat V itu.

Hal senada diungkapkan Anggota Komisi V DPR RI Intan Fitriana Fauzi, yang menilai progres pembangunan terminal baru Bandara Tjilik Riwut ini sudah baik, dan siap untuk digunakan.

“Tentunya saya melihat progres tersebut sebagaimana yang diharapkan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, ingin bandara bisa ditingkatkan sebagai bandara internasional, Insya Allah bisa terwujud dan terlaksana dengan baik,” imbuhnya.

Lebih lanjut politikus PAN itu berharap dengan adanya bandara baru, konsentrasi pemerintah di bidang infrastruktur bisa meningkatkan konektivitas di berbagai provinsi, atau antar pulau.

“Sehingga Kalteng dengan berbagai sumber daya alamnya, perekonomian di wilayah ini bisa meningkat, dan juga infrastruktur yang menghubungkan antara satu provinsi dan provinsi lainnya,” harap politikus dapil Jabar itu.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti menambahkan Bandara Tjilik Riwut ini akan menjadi bandara yang besar dengan kapasitas kurang lebih 3000 penumpang, dengan jumlah penerbangan tiap jamnya atau tiap harinya bisa mencapai 40 penerbangan.

“Kita melihat sangat senang sekali, karena ini adalah satu daerah masa depan dengan penduduk 2,5 juta orang dan menjadi satu daerah yang diproyeksikan ke depan menjadi daerah pilihan yang terbaik,” kata politikus asal Gerindra.

Adapun beberapa fasilitas sisi udara yang masih dalam progres pekerjaan lanjutan, yakni pembuatan apron baru, pembuatan taxi way, termasuk marking dan pekerjaan lanjutan pembuatan Ground Support Equipment (GSE) Road sebagai penghubung terminal baru dan apron baru. Nantinya desain interior yang digunakan merupakan desain khas yang merupakan kearifan lokal Kalteng.(RO/OL-6)