Ribuan e-KTP Tercecer, DPR Minta Penjelasan Disdukcapil Serang

Penulis: MICOM Pada: Rabu, 12 Sep 2018, 23:52 WIB DPR
Ribuan e-KTP Tercecer, DPR Minta Penjelasan Disdukcapil Serang

Dok DPR RI

KETUA DPR RI Bambang Soesatyo merespons terkait ditemukannya 2.800 KTP elektronik (e-KTP) yang tercecer di semak belukar dan juga terdapat di dalam sebuah kardus oleh warga Cikande, Kabupaten Serang, Banten, Selasa (11/9) kemarin.

"Mendorong Komisi II DPR meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk meminta penjelasan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang mengenai penyebab tercecernya e-KTP tersebut," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet ini, Rabu (12/9).

Pihaknya juga meminta Kemendagri dan Kepolisian untuk mengusut tuntas kejadian tersebut serta menindak tegas oknum yang terbukti lalai, mengingat e-KTP rentan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Mendorong Komisi II DPR meminta Kemendagri untuk menginstruksikan kepada Disdukcapil agar memusnahkan, menggunting dan memotong e-KTP yang rusak ataupun tidak terpakai, sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali," tegasnya.

Bamsoet juga meminta Kemendagri memastikan fasilitas perekaman data kependudukan lainnya yang berada di Disdukcapil seperti alat perekam dan tinta untuk mencetak e-KTP di setiap daerah di Indonesia, tersedia dan dapat berfungsi dengan baik, guna meminimalisir adanya kerusakan yang terjadi pada saat perekaman ataupun pencetakan e-KTP. (RO/OL-7)