DPR Promosikan Industri Kreatif ke Dunia Internasional

Penulis: Micom Pada: Minggu, 16 Sep 2018, 19:09 WIB DPR
DPR Promosikan Industri Kreatif ke Dunia Internasional

MI/MOHAMAD IRFAN

WAKIL Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR Fadel Muhammad memanfaatkan pertemuan Parlemen MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, Australia) untuk mempromosikan produksi industri kreatif Indonesia ke dunia internasional. Sehingga, forum yang diselenggarakan di Istana Tampaksiring,  Bali, ini menjadi bermanfaat menjadi ajang promosi karya anak bangsa guna menjalin kerja sama dengan negara lain.

"Secara spesifik bicara soal ekonomi kreatif, dimana ekonomi kreatif kita tumbuh hebat dan kita perlu masuk pasar di Korea, Turki, Meksiko dan Australia. Kami mendorong itu," tutur Fadel usai melakukan pertemuan  MIKTA, Minggu, (16/9).

Politisi Golkar ini juga menjelaskan bahwa pertemuan MIKTA ini sangat besar manfaatnya bagi keberlangsungan Indonesia ke depan. Terutama untuk memperlancar eksport barang produksi Indonesia ke beberapa negara.

"MIKTA  sangat besar manfaatnya untuk Indonesia. Kita bicara banyak hal dengan Meksiko, Korea, Turki dan Australia. Kita bicarakan topik yang dibutuhkan bangsa kita untuk sama-sama dengan mereka untuk jaga pertumbuhan kita ke depan," jelas Fadel.

Industri kreatif menjadi salah satu poin yang dibicarakan dalam sidang MIKTA ini. Hal ini menjadi peluang Indonesia dalam merekatkan kerja sama yang saat ini tengah terjalin baik.

Untuk lebih mengembangkan industri kreatif, Indonesia selaku Koordinator MIKTA tahun 2018 mengusung tema 'Fostering Creative Economy and Contributing to Global Peace' di berbagai pertemuan dan kerja sama MIKTA. Sejalan dengan tema tersebut, Indonesia telah menyelenggarakan 'MIKTA Experts’ Meeting on Inclusive Digital Economy Hub' dan 'MIKTA Start-Up Fest'. (RO/X-10)