Utut Bangga Turnamen Catur Piala Ketua DPR Raih Penghargaan

Penulis: MICOM Pada: Minggu, 24 Mar 2019, 12:00 WIB DPR
Utut Bangga Turnamen Catur Piala Ketua DPR Raih Penghargaan

Dok DPR RI

WAKIL Ketua DPR RI Utut Adianto mengungkapkan rasa hormat dan gembira, atas diselenggarakannya turnamen catur yang memperebutkan Piala Ketua DPR Tahun 2019. Terlebih, acara tersebut memperoleh penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dengan peserta master nasional terbanyak.

“Tentu, saya sebagai Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) dan kita semua atlet catur, merasa terhormat dan gembira akan adanya turnamen ini. Turnamen catur ini tercatat memperoleh Rekor MURI dengan peserta master nasional terbanyak,” ujar Utut, usai menghadiri Turnamen Catur Piala Ketua DPR Tahun 2019, di selasar Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Sabtu (23/3).

Legislator PDI-Perjuangan ini pada kesempatan yang sama mengharapkan agar turnamen catur ini, dapat meredam suhu politik yang semakin memanas menjelang Pemilihan Umum (Pemilu), baik Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan digelar serentak pada 17 April 2019 mendatang.

“Sekarang situasi lagi panas, menjelang Pileg maupun Pilpres. Mudah-mudahan, dengan adanya turnamen catur seperti pada hari ini, masyarakat pecinta catur turut memberi sumbangsih, untuk tidak membuat bagian yang jadi panas itu. Kebangsaan kita tidak boleh robek, kita harus tetap utuh,” tandas Ketua PERCASI ini.

Selain itu, grandmaster peraih medali emas Olimpiade tahun 2000 ini juga berharap, dengan digelarnya turnamen ini munculnya grandmaster-grandmaster baru di Indonesia. Utut menyebut, saat ini jumlah grandmaster di Indonesia semakin berkurang.

“Jumlah grandmaster kita semakin lama semakin berkurang. Dahulu kita mempunyai 7 grandmaster, saat ini tinggal 3 orang, karena yang lain sudah wafat. Saat ini kita dalam proses mencetak grandmaster. Harapan saya dalam satu tahun ini kita bisa mencetak minimal 2 grandmaster,” harap legislator dapil Jateng VII itu.

Turnamen Catur Ketua DPR Tahun 2019 ini dibuka langsung oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dan dihadiri Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (F-Gerindra), Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar beserta jajaran, Ketua MURI Jaya Suprana dan Ketua Komunitas Pecinta Catur Indonesia sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Piala Ketua DPR Tahun 2019 M. Hatta Taliwang. (RO/OL-6)