Ketua DPR: Kominfo Harus Tingkatkan Pengawasan Jelang Pemilu

Penulis: Putri Rosmalia Octaviyani Pada: Senin, 08 Apr 2019, 15:52 WIB DPR
Ketua DPR: Kominfo Harus Tingkatkan Pengawasan Jelang Pemilu

Dok DPR RI
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk memperketat pengawasan jelang pemilu yang semakin dekat. Kerja sama dengan Direktorat Reserse Kriminal Bidang Cyber Crime bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Pernyataan Bamsoet tersebut terkait dengan adanya hoaks mengenai server KPU yang telah diretas dan di-setting untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01.

"Harus bekerja sama untuk meningkatkan pengawasan dan pemblokiran terhadap situs atau akun media sosial yang terbukti melakukan penyebaran hoaks ujaran kebencian, dan kampanye hitam, terutama yang berkaitan dengan Pemilu dan berpotensi memecah belah persatuan bangsa," ujar Bamsoet, dalam keterangan resminya, Senin (8/4).

Bamsoet mengatakan mendorong Badan Intelijen Negara (BIN) untuk koordinasi dengan KPU dan Polri untuk mengusut tuntas pembuat berita hoaks, terutama di media sosial (medsos). Khususnya untuk menjaga server KPU agar tetap aman.

"Kemenkominfo harus memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai literasi digital dengan memanfaatkan media siber, media siaran, dan media cetak, sebagai salah satu upaya untuk menangkal hoaks," ujar Bamsoet.

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan literasi tentang menggunakan media sosial serta lebih kritis dalam membaca dan menerima informasi. Terutama dari internet dan media sosial. Seperti dengan lebih memperhatikan judul, alamat situs atau sumber berita, data yang disebutkan, keaslian video dan foto, dan legitimasi konten dari berita terkait. (OL-6)