Danau Toba Harus Dilestarikan

Penulis: Mediaindonesia.com Pada: Selasa, 09 Apr 2019, 13:55 WIB DPR
 Danau Toba Harus Dilestarikan

Dok DPR RI
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga Dewan (BURT) DPR RI Anthon Sihombing.

SEKTOR pariwisata Danau Toba sudah mulai mengalami peningkatan. Hal itu didukung dengan banyaknya pembangunan-pembangunan infrastruktur jalan dan bandara udara yang memudahkan langsung bagi masyarakat untuk berwisata ke danau terbesar di Asia Tenggara itu. Untuk itu, Ketua Badan Urusan Rumah Tangga Dewan (BURT) DPR RI Anthon Sihombing mengingatkan Danau Toba adalah keajaiban dunia yang harus terus dilestarikan.

Hal itu diungkapkan Anthon saat memberikan sambutan pada Forum Komunikasi dan Sosialisasi Program Kerja DPR RI bersama Koordinatoriat Wartawan DPR RI dan enam Pemerintah Kabupaten sekitar Danau Toba, di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (5/4).

Kegiatan ini mengambil tema Keindahan Panorama Danau Toba Sebagai Milik Masyarakat Dunia, dan Kesiapan Masyarakat untuk Menerima Danau Toba Sebagai Daerah Pariwisata, untuk Pembangunan Infrastruktur Menghadapi Tahun 2025.

“Sektor pariwisata Danau Toba sudah mulai mengalami peningkatan sedikit-sedikit, dikarenakan sudah banyaknya pembangunan infrastruktur seperti jalan tol dan Bandara Udara Silangit yang memudahkan aksesnya,” jelas Anthon.

Diketahui, Danau Toba merupakan salah satu dari sepuluh Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang sedang digencarkan oleh pemerintah agar menjadi “Bali Baru”. Diharapkan, upaya ini dapat menarik minat wisatawan.

Politikus Partai Golkar ini menambahkan, di sisi lain ada faktor yang menyebabkan Danau Toba ditinggalkan oleh pengunjung, terutama dari luar negeri. Hal ini karena banyaknya penggunaan keramba di sekitar danau, sehingga pemerintah harus cepat dalam menghapus penggunaan keramba.

“Banyak turis yang mikir jika ingin ke Danau Toba karena penggunaan keramba. Berbeda dengan dahulu, banyak yang menetap lama 2 bulan dan bermain ski di sekitar danau, padahal dulu infrastrukturnya belum sebagus sekarang,” imbuh Anthon.

Untuk itu, Anthon berharap pemerintah pusat agar terus meningkatkan dan memperbaiki infrastruktur di sekitar Danau Toba, agar sektor pariwisatanya kembali maju di Indonesia maupun dunia.

“Saya mengharapkan siapapun pemerintahnya agar terus meningkatkan dan memperbaiki infrastruktur di sekitar Danau Toba agar pariwisatanya menjadi favorit di Indonesia maupun dunia,” imbuh anggota Komisi V DPR RI itu.

Anthon menambahkan, proyek Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dengan kontrak tahun jamak sudah mulai dibangun. Begitu pula dengan pembersihan atau pemeliharaan Danau Toba dari enceng gondok. Adapun kendala lainnya adalah anggaran yang minim terhadap pemerintahan kabupaten sekitar Danau Toba. Legislator asal daerah pemilihan Sumatera Utara III ini pun menilai keramahtamahan masyarakat sekitar Danau Toba yang berbeda dengan masyarakat Bali.

Kegiatan ini turut dihadiri Anggota Komisi V DPR RI Jhoni Allen Marbun (F-Demokrat/ Sumatera Utara II), Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, Inspektur Utama DPR RI Setyanta Nugraha, Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen dan Badan Keahlian DPR RI Y.O.I Tahapari, Kepala Bagian Media Cetak dan Media Sosial Setjen dan BK DPR RI Muhammad Djazuli, jajaran Kesetjenan dan BK DPR RI, serta puluhan wartawan baik cetak, elektronik, dan daring yang tergabung dalam Koordinatoriat Wartawan DPR RI.

Sementara perwakilan dari enam pemerintahan kabupaten se-Danau Toba antara lain Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Simalungun Gideon Purba, Sekda Pemkab Samosir Zabiat Sagala, Kepala Dinas Pariwisata Toba Samosir Audi Murphy Sitorus, Kepala Dinas Kominfo Toba Samosir Lalo Hartono Simanjuntak, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Humbang Hasundutan Nelson Lumbantoruan, Staf Ahli Bupati Dairi Charles Bancin, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Karo Johnson Tarigan, dan Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Sanggam Siahaan. (RO/OL-6)