Utut Adianto Yakin Pansel Calon Anggota BPK Objektif

Penulis: mediaindonesia.com Pada: Jumat, 05 Jul 2019, 14:04 WIB DPR
Utut Adianto Yakin Pansel Calon Anggota BPK Objektif

Dok.DPR
Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto.

Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto yakin Panitia Seleksi Komisi XI DPR yang akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon anggota BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) akan melakukan seleksi secara objektif tanpa melihat latar belakang politik pelamar.

“Saya yakin dalam fit and proper test tidak melihat dari perkawanan, tetapi benar-benar menyeleksi calon BPK yang profesional di bidang keuangan,” tegas Utut  seusai memimpin Rapat Paripurna Masa Persidangan V di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Meskipun ramai diberitakan sejumlah calon legislatif yang gagal dalam pemilihan umum (pemilu) 2019 mendaftar sebagai calon anggota BPK, Utut tidak mempermasalahkannya karena itu merupakan hak setiap individu.

“Mendaftar menjadi calon anggota BPK menurut saya itu hak setiap warga negara Indonesia (WNI), jadi kalau ada rekan dari kalangan politisi yang gagal dalam pileg lalu, mendaftar itu merupakan hak mereka,” tambah Utut.

Terakhir, Utut berharap BPK ke depannya bisa meminimalisir kerugian negara. Karena BPK merupakan sebagai satu-satunya badan yang bisa menyampaikan adanya kerugian negara dapat meminimalisir kerugian negara. (O-09)