Efek Pembangunan Infrastruktur Belum Maksimal

Penulis: mediaindonesia.com Pada: Rabu, 10 Jul 2019, 10:20 WIB DPR
Efek Pembangunan Infrastruktur Belum Maksimal

DOK DPR RI
Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono

Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono menilai pembangunan infrastruktur di Indonesia belum sepenuhnya berefek maksimal dan berdampak baik bagi masyarakat. Pasalnya, menurut Bambang, masih banyak pihak yang seharusnya diuntungkan dengan adanya pembangunan infrastruktur, namun malah dirugikan.

“Kami melihat infrastruktur sudah dibangun begitu besar jumlahnya sekitar Rp400 triliun lebih. Tetapi hampir dikatakan hasilnya belum maksimal. Masih banyak pihak yang dirugikan,” pungkas Bambang saat melakukan interupsi pada Rapat Paripurna di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Politisi Partai Gerindra ini mencontohkan, pembangunan infrastruktur pada sektor pertanian tidak memberikan dampak positif terhadap swasembada pangan. Bahkan selama pembangunan infrastruktur itu juga menelan korban jiwa, hingga banyaknya pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) turut mengalami kerugian.

Ia mengatakan, pembangunan infrastruktur seharusnya berdampak baik dan mempermudah masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari yang mendasar. “Infrastruktur seharusnya bisa memberikan satu jaminan ketersediaan yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat,” tandas politisi daerah pemilihan Jawa Timur ini.

Bambang menyampaikan jika permasalahan infrastruktur tersebut tidak ditangani secara cepat dan tepat akan mengakibatkan kerugian yang begitu besar terhadap pihak-pihak terkait. “Untuk itu, saya meminta kepada pemerintah untuk serius dalam menangani permasalah tersebut,” pinta Bambang. (OL-10)