Lampung Berpotensi Maju Lebih Pesat

Penulis: mediaindonesia.com Pada: Rabu, 31 Jul 2019, 09:43 WIB DPR
Lampung Berpotensi Maju Lebih Pesat

Husen/mr
Anggota Komisi XI DPR RI Anarulita Muchtar.

Melihat geografis Provinsi Lampung yang sangat terbuka di ujung Pulau Sumatera, dan berbatasan langsung dengan Pulau Jawa, pontensi untuk maju sangat tinggi. Tidak saja potensi perairan, tapi juga pariwisatanya masih terbuka untuk terus digali. Apalagi sudah ada infrastruktur jalan tol yang menghubungkan lintas Sumatera. 

Hal ini disampaikan Anggota Komisi XI DPR RI Anarulita Muchtar saat mengikuti Kunjungan Kerja Reses ke Lampung, Senin (22/7/2019).

Bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung, Bandar Lampung, Ana menyebutkan, dengan sumber daya manusia yang multietnis, sebetulnya Lampung bisa mengalahkan provinsi lain di Sumatera. Namun, fakta berbicara lain. Tingkat kemiskinan dan angka pengangguran terbuka masih tinggi.

“Provinsi yang sangat luas dengan potensi SDM yang lumayan dan multietnis. Saya yakin sekali Lampung bisa berkembang pesat. Bahkan, bisa mengalahkan provinsi lain. Sayangnya, angka kemiskinan dan pengangguran masih tinggi. Padahal, Lampung punya potensi yang cukup baik. Ini PR penting bagi pemerintah provinsi untuk mengembangkan SDM supaya lebih maju," ungkap politisi Partai NasDem tersebut.

Peluang yang bisa dikembangkan Lampung, sambung Ana, salah satunya adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Banyak komoditas yang bisa diperdagangkan oleh UMKM setempat. Dari pertanian hingga perikanan sangat potensial dikembangkan.

"UMKM-nya berpotensi baik dengan modal SDM yang banyak. Dari sisi pariwisata Lampung punya gunung Krakatau yang bila digali potensi dan diperbaiki infrastrukturnya pasti akan maju," pandang Ana lebih lanjut. (OL-09)