Perjuangkan Aspirasi Rakyat, Anggota DPR Baru Siap Bekerja

Penulis: mediaindonesia.com Pada: Sabtu, 05 Okt 2019, 11:02 WIB DPR
Perjuangkan Aspirasi Rakyat, Anggota DPR Baru Siap Bekerja

Istimewa/DPR RI
Anggota Terpilih masa bakti 2019 - 2024 Mulan Jamela (kiri).

SEBANYAK 575 anggota DPR RI Periode 2019-2024 secara resmi dilantik. Rapat yang dipimpin oleh Pimpinan Sementara DPR RI, Anggota DPR RI Adul Wahab Dalimunthe (80) dan Hillary Brigitta Lasut (23), dilangsungkan dengan pengucapan sumpah jabatan Anggota DPR, DPD, dan MPR dengan jumlah total 711 Anggota.

Menjadi wajah baru parlemen periode ini, anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Mulan Jameela, mengatakan, dirinya siap memperjuangjan aspirasi rakyat saat bertugas nantinya. Lebih lanjut, ia menyampaikan akan siap menerima kebijakan penugasan dari Fraksi.

“Kalau saya pribadi, saya terima masuk ke komisi berapa saja, kita serahkan sama kebijakan fraksi. Saya sih terima-terima saja ditugaskan di komisi berapa,” kata Mulan, usai pelantikan di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Meski demikian, Mulan telah memiliki pertimbangan khusus terkait Komisi mana yang akan ditempatinya. Dengan background sebagai musisi, ia akan memperjuangkan hal tersebut dalam salah satu komisi yang bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

“Mungkin lebih cocok di (Komisi) X. Kenapa ingin di Komisi X karena memang basic-nya saya dari dunia musisi dan ingin memperjuangkan itu. Tapi balik lagi kita serahkan semua kepada Fraksi,” ungkap legislator daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat XI yang meliputi Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya tersebut.

Senada dengan hal tersebut, Anggota DPR Fraksi Partai NasDem Muhammad Farhan yang dikenal sebagai presenter dan mantan penyiar radio, juga akan menunggu keputusan Fraksi.

Tidak hanya itu, Farhan akan membawa aspirasi terkait Posyandu, Pospindu, dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Belum, belum (ditugaskan di Komisi). Kita tunggu pembentukan kabinet dulu baru kita akan bikin (penempatan di) Komisi. Yang penting dalam lima tahun ke depan, aspirasi yang penting Posyandu, Pospindu, PAUD,” kata Farhan, yang baru dilantik mewakili daerah pemilihan Jawa Barat I meliputi Bandung dan Cimahi ini.

Di sisi lain, harapan meningkatnya kinerja legislasi DPR juga disampaikan oleh pendatang baru, Anggota DPR Fraksi Partai Golkar Christina Aryani.

Upaya peningkatan tersebut dilakukan dengan merencanakan target-target legislasi dengan lebih realistis berdasarkan pada kejadian yang selama ini sudah terjadi.

“Semoga juga, kerja sama antara Pemerintah dan DPR bisa berjalan selalu harmonis, lebih baik sehingga apa yang menjadi rencana kedepannya dapat dijalankan dengan baik. Karena banyak yang muda-muda, seharusnya energibga juga lebih lagi,” pungkas anggota DPR baru dari Daerah Pemilihan DKI Jakarta III meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri ini. (OL-09)