Kemenkop Diminta Siapkan Terobosan bagi UMKM,Koperasi Pasca-Covid

Penulis: mediaindonesia.com Pada: Jumat, 24 Apr 2020, 18:25 WIB DPR
Kemenkop Diminta Siapkan Terobosan bagi UMKM,Koperasi Pasca-Covid

DOK DPR RI
Anggota Komisi VI DPR RI Nasril Bahar.

Anggota Komisi VI DPR RI Nasril Bahar mendorong Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) segera menyiapkan terobosan guna mempertahankan UMKM dan Koperasi sebagai pendorong ekonomi Indonesia pasca pandemi nanti. Menurutnya sudah menjadi tugas kementerian sebagai fasilitator dan regulator, seharusnya memberikan kemudahan-kemudahan kepada masyarakat dalam bernegara.

Hal tersebut ia sampaikan dalam pandangannya ketika Komisi VI DPR RI melangsungkan rapat dengar pendapat (RDP) dengan seluruh Eselon I Kemenkop UKM, serta Direksi dari PT Permodalan Nasional Madani dan LPDB-KUMKM yang diselenggarakan secara virtual pada Rabu (22/4/2020). Menurut Nasril, tidak semua kementerian harus menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi.

“Cukuplah Kemenkop UKM ini menjadi garda terdepan pasca pandemi. Menjaga melakukan asistensi terus menerus, sehingga pasca Covid-19, para pelaku UMKM dan koperasi ini bisa tetap eksis dan hidup. Langkah-langkah ini yang sebenarnya perlu kami tunggu daripada Kemenkop UKM. Yang terpenting jangan sampai pasca Covid itu mereka hilang ditelan badai,” ujarnya.

Politisi Fraksi PAN ini pun kembali mengingatkan peran penting Koperasi dan UMKM pasca krisis moneter 1998 yang pada akhirnya mampu membangkitkan gairah perekonomian Indonesia masa itu. Menurutnya hal tersebut yang seharusnya menjadi acuan bagi Kemenkop UKM dalam rangka membantu Presiden melakukan penanggulangan dampak Covid-19.

“Kalau kita lihat pada fase yang lalu di krisis 98, UMKM ini adalah sebagai pahlawan bangsa, sebagai fundamental ekonomi kita yang terus hidup saat itu. Nah ini bagaimana nilai historis ini bisa muncul kembali bahwa Covid-19 ini akan menjebak kita dalam masa krisis, koperasi dan UMKM kita pertahankan untuk kembali menjadi pahlawan,” terangnya.

Untuk itu Kemenkop UKM diminta fokus mengembangkan hal-hal yang bersifat penanganan dampak pasca Covid-19 seperti misalnya membuat terobosan atau skema, serta sosialisasi yang masif. “Ini saran saya kepada Kementerian, sehingga persiapkanlah sejak dini, pasca covid ini sehingga KemenkopUMKM ini benar-benar menjadi tulang punggung daripada para pelaku UMKM,” imbuh Nasril. (RO/OL-10)