Bertemu Pengunjuk Rasa di Simalungun, Wakil Ketua Komisi II DPR Siap Panggil PTPN IV

Penulis: mediaindonesia.com Pada: Senin, 18 Okt 2021, 20:43 WIB DPR
Bertemu Pengunjuk Rasa di Simalungun, Wakil Ketua Komisi II DPR Siap Panggil PTPN IV

Ist/DPR
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang (tengah) menemui pengunjuk rasa di Simalungun, Sumatra Utara.

ACARA reses Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang di Kantor Bupati Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), mendadak berhenti. Pasalnya Junimart menerima kedatangan massa yang mengaku korban konflik pertanahan dengan PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV).

Pada kesempatan tersebut, Junimart Girsang didampingi Bupati Kabupaten Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menemui para pengunjuk rasa.

Kepada Junimart, para pengunjuk rasa menyampaikan keluhan terkait keberadaan lahan perkebunan milik masyarakat yang kini dikuasi PTPN IV.

Menurut warga yang berunjuk rasa, lahan tersebut merupakan milik masyarakat Mariah Jambi dan hingga saat ini pihak PTPN IV belum membebaskan lahan tersebut. Warga masih menguasai lahan dan bahkan memanen hasil kelapa sawit di lahan tersebut.

Mendengar keluhan warga, Junimart berjanji akan membawa masalah tersebut ke rapat pimpinan DPR. Serta akan memanggil pihak PTPN IV guna menciptakan penyelesaian terhadap konflik tersebut.

"Saya Wakil Ketua Komisi II DPR RI, akan membawa permasalahan ini ke rapat pimpinan DPR RI. Nanti selanjutnya kita akan panggil pihak PTPN IV dan perwakilan masyarakat," ujar Junimart kepada para pengunjuk rasa, Senin (18/10).

Lebih lanjut, sebagai Ketua Panita Kerja (Panja) Mafia Tanah DPR, Junimart mengatakan konflik pertanahan akan diselesaikan salah satunya dengan pengukuran ulang terhadap luasan hak guna usaha yang dimiliki  PTPN IV.

"Dan akan kita turun kel okasi bersama dengan PTPN IV untuk memastikan permasalahan ini dan kita minta untuk dilakukan pengukuran ulang wilayah HGU, maupun bukti yang dapat memperjelaskan terkait status tanah tersebut," tegas Junimart. (RO/OL-09)