NasDem Nilai Jaksa Perlu Perlindungan

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Senin, 22 Nov 2021, 11:37 WIB DPR
NasDem Nilai Jaksa Perlu Perlindungan

DOK DPR RI
Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana saat pertemuan Panja RUU Kejaksaan Komisi III DPR RI dengan jajaran Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka.

ANGGOTA Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Eva Yuliana menegaskan perlunya jaminan keamanan bagi para jaksa dan keluarganya, mengingat profesi jaksa rentan terhadap risiko yang mengancam keselamatan jiwa.

Hal itu, menurut Eva, merupakan poin penting yang harus dimasukkan ke dalam RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan.

Legislator NasDem itu mengungkapkan, dalam menjalankan tugas, berbagai ancaman keamanan, tekanan dan teror kerap menimpa para jaksa. Hal tersebut harus menjadi perhatian serius, sehingga diperlukan regulasi sebagai landasan hukum yang mengatur jaminan keamanan bagi jaksa dan keluarganya.

Baca Juga: Dito Ganinduto Desak Pemerintah Siapkan Skema Perdagangan Karbon Domestik

“Dalam konsepnya, RUU Kejaksaaan nanti akan disebutkan mengenai ancaman keamanan terhadap jaksa dan keluarga. Karena memang kita sudah melihat beberapa kejadian yang tidak kita inginkan terjadi pada jaksa dan keluarganya. Terlepas dari jaksa tersebut sedang dalam menangani kasus atau di luar menangani kasus,” kata Eva seusai pertemuan Panitia Kerja (Panja) RUU Kejaksaan Komisi III DPR RI dengan jajaran Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Polda Babel, dalam keterangannya, Senin, (22/11).

Ia menegaskan negara harus hadir dan bertanggung jawab dalam memberi perlindungan kepada aparaturnya, sehingga saat melaksanakan tugas para jaksa dan keluarga bisa terbebas dari risiko yang mengancam keselamatan.

Untuk itu Legislator NasDem dari Dapil Jawa Tengah V ini memastikan RUU Kejaksaan akan memuat poin-poin yang berkaitan dengan perlindungan terhadap jaksa.

“Perlindungan ini pasti kita berikan karena memang tugas yang dilakukan seorang jaksa itu sarat dengan pressure, teror, dan sebagainya. Oleh karena itu, pasti negara bertanggung jawab atas keselamatan jaksa dan juga keluarga. Karena memang tugas dan tanggung jawab jaksa itu begitu berat,” pungkasnya. (Cah/OL-10)