Pemudik Diimbau Menghindari Puncak Arus Balik

Penulis: Cri Canon Ri Dewi Pada: Sabtu, 07 Mei 2022, 19:51 WIB DPR
Pemudik Diimbau Menghindari Puncak Arus Balik

MI/Cri Canon Ria Dewi
Menhub Budi Karya Sumadi (depan dua kiri) saat memberikan keterangan di Dermaga B, Pelabuhan Panjang, Lampung, Sabtu (7/5).

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk menghindari puncak arus balik Idul Fitri 2022 yang diprediksi berlangsung 6-8 Mei 2022. Hal itu dikemukaka Budi Karya ketika melepas keberangkatan pemudik penumpang KM Ciremai di Dermaga B, Pelabuhan Panjang, saat meninjau Pelabuhan Panjang yang menjadi pelabuhan alternatif di Provinsi Lampung, Sabtu (7/5).

"Jangan lakukan hari ini dan besok (perjalanan), kalau bisa ditunda hari Senin (9/5). Sekali lagi ditunda Senin atau Selasa (10/5) karena bagi yang kerja, para pekerja ajukan cuti, yang kedua anak-anak kita di Jabodetabek boleh libur," kata Menhub.

Saat ini, jelasnya, baru 37% pemudik yang bergerak melakukan perjalanan, sehingga akan terjadi peningkatan jumlah pemudik ke depannya.M Budi Karya menilai adanya Pelabuhan Panjang sebagai alternatif penyeberangan akan mengurangi penumpukan dan kemacetan di Pelabuhan Bakauheni.

"Kita rasakan manfaat Pelabuhan Panjang ini, kita ketahui arus balik ini diperkirakan akan berlangsung sampai tanggal 9 dan 10 Mei ini," sambung Budi Karya.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat yang akan menuju ke Pulau Jawa setelah melaksanakan hari raya di kampung halaman agar menggunakan Pelabuhan Panjang sebagai alternatif.

Mendampingi Menteri Perhubungan antara lain, Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno, Wali Kota Bandar Lampung, dan Kapolresta Bandar Lampung Kombes Ino Harianto.

Sementara Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno, mengatakan hari ini Pelabuhan Panjang mengangkut sebanyak 347 kendaraan roda dua, 57 kendaraan roda empat, dan 1.084 penumpang. (OL-15)