PBB Apresiasi Keberhasilan Indonesia Tangani Covid-19

Penulis: Atalya Puspa Pada: Rabu, 25 Mei 2022, 19:41 WIB DPR
PBB Apresiasi Keberhasilan Indonesia Tangani Covid-19

DOK MI
Ilustrasi

PENANGANAN pandemi Covid-19 di Indonesia mendapatkan apresiasi dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Presiden Majelis Umum PBB, Abdulla Shahid, menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya pada The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Bali, Rabu (25/5).

"Kami semua sangat senang melihat Bali, berkumpul acara tatap muka hari ini dalam skala besar. Saya telah diberitahu bahwa sekitar tujuh ribu peserta telah mendaftar untuk pertemuan hari ini," kata dia.

Ia menyatakan, hal ini merupakan bukti komitmen kuat dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo untuk memerangi covid-19 dan mengembalikan negara ke jalur pemulihan.

Lebih lanjut, Abdulla Shahid mengajak dan meminta dunia mencontoh Indonesia yang proaktif berinvestasi pada resiliensi penanggulangan agar tangguh menghadapi bencana. “Indonesia merupakan negara rentan bencana namun dapat proaktif berinvestasi pada penanggulangan, sehingga banyak yang bisa dipelajari dari model yang telah diterapkan oleh Indonesia. Pandemi covid-19 telah membuktikan bahwa seperti itulah apa yang disebut sebagai sebuah risiko dari bencana," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Deputi Sekretaris Jenderal PBB, Amina Jane Mohammed. Ia yang mengapresiasi sejumlah langkah dan kebijakan yang diambil pemerintah Indonesia dalam penanganan pandemi covid-19 di Tanah Air sehingga konferensi GPDRR 2022 dapat digelar secara tatap muka dan aman. Ia juga mengapresiasi pencapaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

"Memvaksinasi populasi 270 juta adalah prestasi besar, dan kami memuji kepemimpinan Indonesia atas program vaksinnya untuk menjaga semua orang aman" kata Amina. (OL-15)