Pemandian Air Panas Alami di Pasar Cipanas Jadi Daya Tarik Wisata

Penulis: Benny Bastiandy Pada: Jumat, 27 Mei 2022, 22:06 WIB DPR
Pemandian Air Panas Alami di Pasar Cipanas Jadi Daya Tarik Wisata

MI/Benny Bastiandy
Bupati Cianjur Herman Suherman (tengah) meresmikan kolam pemandian air panas alami di Pasar Cipanas, Cianjur, Jabar, Jumat (27/5).

PASAR Cipanas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memiliki potensi sumber air panas alami. Saat ini potensinya sudah ditata sedemikian rupa sehingga layak dipakai sebagai daya tarik wisatawan.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur, Tohari Sastra, mengatakan sumber air panas alami di kawasan Pasar Cipanas sudah ada sejak lama. Namun, potensinya belum termaksimalkan.

"Ada desakan dari berbagai pihak untuk memaksimalkannya. Sebab, nanti akan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi UPTD Pasar Cipanas," terang Tohari seusai acara peresmian pemandian air panas alami Pasar Cipanas, Jumat (27/5).

Saat ini sumber air panas alami tersebut sudah ditata dengan menggandeng pihak ketiga. Luas area pemandian air panas alami Pasar Cipanas sekitar 1.000 meter persegi.

Terdapat 5 ruang/kamar pemandian air panas serta 1 kolam untuk anak anak. Ditambah fasilitas ruang ganti serta kantin yang nanti akan juga mengakomodir para pelaku UMKM. "Sekarang, ini (pemandian air panas alami) bisa menambah daya tarik bagi pengunjung pasar maupun wisatawan yang berminat," ucapnya.

Tohari menjamin aman kondisi air panas. Pasalnya, kualitas air sudah melalui penelitian laboratorium di Bandung. "Alhamdulillah, hasilnya aman digunakan untuk kolam pemandian," sebutnya.

Tohari berharap dengan hadirnya fasilitas pemandian air panas alami bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) karena akan ditetapkan retribusi dari tiket masuk. Termasuk untuk menambah operasional UPTD Pasar Cipanas.

Upaya promosi dilakukan dengan berbagai cara. Satu di antaranya bekerja sama dengan pengelola hotel.

"Apabila ada tamu hotel atau wisatawan yang menginap, nanti bisa diajakn berendam air panas di Pasar Cipanas. Kami nanti akan menyiapkan mobil untuk antar-jemput," pungkasnya.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengapresiasi inovasi yang dilakukan Diskoperdagin serta UPTD Pasar Cipanas memaksimalkan pptensi sumber air panas alami. Tak hanya jadi daya tarik pengujung pasar, tapi juga wisatawan.

"Sumber air panas alami ini mengandung belerang. Bagus juga untuk pengobatan. Airnya aman karena sudah melalui kajian dan penelitian. Ayo silakan datang ke sini (pemandian air panas alami)," terang Herman. (OL-15)